Posted: 25/11/2009 in Home / Beranda

Singapura Bahas Kerjasama Dengan Sumsel
InformasiPagi, Sumsel

Setelah sempat datang lebih dari 10 tahun lalu ke Sumsel, Duta Besar Singapura kembali datang untuk membahas berbagai potensi Sumsel yang dapat dikerjasamakan. Salah satunya pembahasan pelatihan pembebasan lahan tanpa pembakaran bagi petani Sumsel, dan penanaman investasi di Tanjung Api-api.
Demikian diungkapkan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, kepada para wartawan usai rapat dengan Duta besar Negara Singapura Mr Ashok Mumar Miapuri dan Konsul Singapura untuk Sumsel Mr Gavin Chay, di ruang kerjanya Rabu (25/11). Menurutnya, kunjungan duta besar Singapura untuk ingin melihat kesempatan dan potensi apa yang dapat dikerjasamakan dengan Sumsel. “Mereka ingin berinvestasi di Sumsel, dalam bidang apapun,” kata Alex.
Untuk itu, pemprov memaparkan beberapa informasi tentang potensi investasi di Sumsel, bahkan langsung ditanggapi baik pihak Singapura dan ditindaklanjuti dengan tinggal di Sumsel untuk beberapa hari, guna mengeksplorasi informasi lebih dalam.
“Setelah kita berikan beberapa informasi tentang potensi investasi di Sumsel, langsung ditindaklanjuti staf Bappeda kita, tiga dari lima duta besar tersebut akan tinggal di sini untuk menindaklanjuti hasil pembicaraan tadi,” jelas Alex.
Lebih lanjut kata Gubernur, salah satu tujuan mereka yaitu pembahasan pelatihan pembebasan lahan tanpa pembakaran bagi petani Sumsel. “Mereka akan mendidik para petani agar dalam membuka ladang tidak dengan cara membakar, cara ini sudah dikerjasamakan dengan Jambi,” terang Gubernur.
Kemudian, seperti yang sudah dikerjasamakan dengan Kalimantan, Singapura juga akan mendidik cara mengembalikan air dari sungai atau sumber manapun ke lahan gambut, sehingga tidak mudah terbakar.
“Mereka juga akan berinvestasi di kawasan industri di Tanjung Api-api, dan juga aka nada kerjasama dengan Nan Yang University untuk sektor pendidikan di Sumsel,” ujarnya.
Kerjasama antara Sumsel dan Singapura ini sambung Gubernur dinilai sangat logis, pasalnya Singapura adalah Negara tetangga terdekat dengan Sumsel yaitu sekitar 450 km. Dengan kedekatan jarak itu, ditambah ketertarikan Singapura terhadap potensi luar biasa Sumsel yang dapat dikembangkan dan dapat dikerjasamakan, kerjasama Singapura dan Sumsel dapat terwujud dalam frame yang saling menguntungkan.
“Banyak hal yang bisa dikerjasamakan, dan ini sangat logis, kerjasama dengan Sumsel itu tahun depan akan dimulai,” tutup Alex.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s