Posted: 25/11/2009 in Home / Beranda

Desain Masjid Sriwijaya Disayembarakan
InformasiPagi, Sumsel

Pemprov pada 2010 akan membangun Masjid Sriwijaya dengan lahan lebih dari 13 hektar, Masjid Sriwijaya akan menjadi salah satu masjid terbesar di Indonesia. Desain Masjid Sriwijaya sendiri akan disayembarakan.
Hal ini dikatakan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, di Kantor Gubernur Rabu (25/11). Gubernur menamakan masjid tersebut Sriwijaya Mosque atau Masjid Sriwijaya, masjid akan menjadi salah satu masjid terbesar, terluas, tercantik di Indonesia.
“Semula ada lahan yang dihibahkan di Jalan Soekarno Hatta, karena jarak yang jauh dan kondisi geografis banyak rawa, kita tawarkan ke Jakabaring sekitar depan Kantor Bank Sumsel nantinya. Luas arealnya lebih sedikit dari masjid terbesar di Sumatera Barat yaitu lebih dari 13 hektar,” ungkap Alex.
Desain Sriwijaya Mosque sendiri lanjut Gubernur, akan disayembarakan, untuk itu ia mengimbau bagi yang berminat agar dapat memulai desain secantik mungkin. “Desainnya akan disayembarakan, jadi siap-siap kalau mau ikut sayembara,” katanya.
Besaran pendanaan belum diketahui harus menunggu hasil desain, hanya saja pembangunan menggunakan sistem sumbangan berbagai pihak dan seluruh Rakyat Sumsel, kemungkinan APBD Sumsel hanya untuk pembangunan jalan dan lainnya. “Islamic center juga akan diletakkan di situ, agar masjid tersebut dapat makmur banyak kegiatannya,” harap dia.
Sementara itu, Asisten Kesra Sumsel, dr Aidit Aziz, menambahkan, Masjid Sriwijaya akan menjadi masjid rakyat, karena pembiayaannya dari sumbangan rakyat, Pemprov akan membuka rekening sumbangan pembangunan masjid. Ia memperkirakan, untuk pembangunan masjid skala besar, membutuhkan dana lebih dari Rp100 miliar, namun yang jelas akan dilihat hasil desain baru diketahui besaran biaya dari RAB (rancangan anggaran biaya).
“Karena Yayasan Wakaf Mesjid Sriwijaya Palembang sudah terbentuk, kita akan membentuk organisasi kepengurusan pembangunan ini sesegera mungkin,” jelasnya.
Menurutnya, ketua pembangunan masjid akan dipegang langsung Gubernur Sumsel, dengan Ketua Harian Syarifuddin Alambai. Para petinggi asal Sumsel di Jakarta seperti Taufik Kiemas Marzuki Ali, Jimly As Shidiqi, dan beberapa pejabat Palembang seperti Walikota Palembang, H Edi Santana Putra, akan diikutkan dalam organisasi pembangunan mesjid ini.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s