Posted: 25/11/2009 in Home / Beranda

Peringati Haul-28 tahun Ibu, Bersama Santri Ponpes
InformasiPagi, Sumsel

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin beserta isteri Hj Eliza Alex, mengenang jasa, kasih sayang orang tua yang telah wafat, dengan pengajian dan pemberian bantuan kepada Ponpes dan masyarakat.

Sore di Komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Aulia Cendikia, Jalan Tanjung Api-api RT 38 RW, Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarame, sedikit berbeda, tak kurang 100 santri beserta masyarakat setempat memadati tenda dan ruang belajar Hj Siti Fathimah.
Mereka sedang memperingati Haul ke-28 tahun almarhumah Hj Siti Fathimah binti Pangeran Abdul Hamid ibunda tercinta Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.
Tampak hadir Kepala Kantor Wilayah Depag Sumsel, Drs H Najib Haitami MM, Kabiro Kesra Pemprov Sumsel, H Toni Panggarbesi, Camat Sukarame, Lisma Feni, dan tujuh Lurah Kecamatan Sukarame, Kapolsek Sukarame, Danramil dan undangan khusus lainnya.
Untaian doa-doa berkali-kali diucapkan, pembacaan Al-Fatihah juga ditujukan kepada almarhumah Hj Siti Fatimah dan almarhum H Noerdin Pandji ayahanda Gubernur Sumsel. Lantunan Surat Yassin pun dikumandangkan oleh santri, masyarakat dan undangan yang hadir.
Tak lama berselang, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin beserta isteri Hj Eliza Alex hadir, tak urung semua pandangan tertuju ke satu tempat, Alex disambut hangat dan dijabat akrab, pemimpin pesantren, Hendra Zainuddin, santri, masyarakat dan undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Ketua Ponpes Aulia Cendikia, Hendra Zainuddin menyampaikan, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin beserta Hj Eliza Alex sangat memperhatikan kedua orang tua yang sudah almarhum, untuk itu Ponpes Aulia Cendikia mengadakan acara peringatan haul, yang diisi dengan pembacaan surat yasin dan doa, guna mengenang almarhumah ibunda Gubernur Sumsel. “Semoga dengan doa yang kita panjatkan hari ini, almarhum dan almarhumah diampuni oleh Allah SWT,” katanya.
Menurutnya, apa yang dilakukan seseorang saat ini kepada orang tua, itulah gambaran seseorang tersebut saat ia tua nanti, jika seseorang tersebut mengurusi orang tuanya saat ini kelak anak cucunya akan mengurusi seperti yang dilakukannya. “Itulah sepenggal kalimat dari suatu hadits, semoga kita tidak melupakan orang tua kita meski mereka telah mendahului kita,” jelasnya.
Ia juga mengutarakan, setelah dilakukan peletakan batu pertama tiga bulan lalu oleh Gubernur Sumsel, ruangan belajar Hj Fathimah Ponpes Aulia Cendikia kini selesai dibangun, diharapkannya Gubernur langsung meresmikan. “Semoga ruangan belajar ini ketika masih berlangsungnya kegiatan dan pengajian di sini, akan menjadi pahala yang mengalir jariah untuk Hj Siti Fathimah,” harapnya.
Selain itu ia juga menyampaikan harapan masyarakat sekitar Ponpes, yang sangat membutuhkan transportasi jenazah, karena beberapa kali ada yang meninggal, masyarakat kesulitan transportasi, bahkan sempat menggunakan mobil truk sebagai pengangkut jenazah. “Kami harap pak Alex dapat memperhatikan dan membantu masyarakat,” katanya.
Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, menyampaikan terimakasih, Ponpes Aulia Cendikia telah menggagas peringatan haul ke-28 ibundanya, Hj Siti Fathimah yang wafat pada 24 November 1981 silam, sementara ayahandanya H Muhammad Noerdin Pandji meninggal pada 5 Juli 1998 silam 17 tahun setelah ibundanya wafat.
“Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari almarhum ayahanda dan almarhumah ibunda, yang masih kami ingat sampai sekarang dan masih sangat relevan, yang diajarkannya menjadi contoh bagi kami semua sekarang,” ungkapnya.
Alex mengungkapkan sejarah almarhum ibu yang dari Sekayu dan ayahandanya dari Gunung Meraksa Kabupaten Empat Lawang. “Ayahanda tidak mau dimakamkan di makam pahlawan, tapi ingin dimakamkan satu liang dengan almarhumah ibu,” katanya.
Menanggapi permintaan masyarakat, Alex langsung mengabulkan, dan segera membantu satu unit mobil jenazah, pada kesempatan sama Gubernur membantu 2 unit motor untuk Camat Sukarame, 7 unit motor untuk 7 Lurah, satu unit motor untuk Kapolsek Sukarame dan satu unit motor untuk Danramil. “Bantuan motor-motor itu untuk keperluan dinas, agar lancar melakukan aktifitas,” kata Gubernur.
Gubernur juga sempat melemparkan, apa permintaan masyarakat lainnya, beberapa masyarakat meminta perbaikan jalan dan pemasangan lampu jalan. Gubernur pun berjanji ke depan akan memprogramkan perbaikan jalan dan pemasangan lampu jalan di Kelurahan Talang Jambe.
Usai sambutan-sambutan, Gubernur Sumsel beserta isteri, meresmikan ruang belajar Hj Siti Fathimah Pondok Pesantren (Ponpes) Aulia Cendikia, sekaligus menyatakan akan memberikan bantuan satu unit mobil jenazah kepada Ponpes, untuk dapat dimanfaatkan masyarakat Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarame.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s