Posted: 24/11/2009 in Home / Beranda

CPNS Depag Tidak Disiplin, Ditunda Jadi PNS
InformasiPagi, Sumsel

Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkungan Departemen Agama (Depag) Sumsel, tidak disiplin termasuk saat mengikuti dalam diklat pra jabatan CPNS, maka dapat berakibat CPNS tersebut ditunda menjadi PNS.
Penegasan tersebut diutarakan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Depag Sumsel, Drs H Najib Haitami, dalam diklat pra jabatan CPNS Depag, di Balai Diklat Keagamaan di Jalan Demang Lebar Daun Senin (23/11). Bagi CPNS lingkungan Depag Sumsel, diminta disiplin selama menjadi CPNS, karena jika sering tidak disiplin ketika menjadi PNS maka akan tambah tidak disiplin lagi.
“CPNS harus banyak bersyukur karena sudah menjadi calon PNS, tapi calon ini belum tentu jadi, jika satu kali tidak lulus pra jabatan boleh satu kali lagi ikut, tapi kalau dua kali tidak lulus pra jabatan, otomatis hangus CPNS-nya, batal menjadi PNS karena dianggap tidak mampu,” tegas Kakanwil.
Najib menegaskan, jika ada CPNS Depag Sumsel yang tidak disiplin agar dilaporkan kepadanya, untuk ditindak lanjuti, termasuk jika tidak serius mengikuti diklat pra jabatan.
Usai acara, Najib menambahkan, masalah disiplin PNS tidak bisa ditawar-tawar dan sudah diatur dalam PP 30 tahun 1980. “Dimanapun bertugas haruslah disiplin, kalau semua pekerjaan disiplin saya yakin akan sukses dan berhasil meski tugas itu berat, tapi meski pekerjaan ringan kalau tidak disiplin tidak akan berhasil baik, jadi kuncinya disiplin,” ingat Najib.
Namun penegasan itu bukan berarti disiplin di Kanwil Depag Sumsel menurun, hanya saja untuk mengingatkan dan mempertegas. “Sejauh ini sudah disiplin, dan saya sebagai kakanwil ingin mengingatkan itu kembali kalau mereka lupa, karena kita tidak bisa kirim mereka menjadi peserta pra jabatan kalau sudah tidak disiplin di kantor masing-masing,” ujarnya.
Penegasan disiplin ini juga sambung Najib, dalam rangka menuju reformasi birokrasi, untuk menciptakan good governance khususnya lingkungan Depag, dan juga menciptakan SDM-SDM yang berkualitas.
Sementara itu, Kasubbag Hukmas dan KUB Depag Sumsel, Saefuddin Latief menjelaskan, diklat pra jabatan bagi CPNS sebelum menjadi PNS, untuk regular (CPNS melalui tes golongan III) waktu diklat selama 14 hari, untuk honorer hingga 24 hari.
Diklat kemarin baru diikuti 160 CPNS terdiri dari peserta asal Sumsel, Lampung, Bengkulu dan babel. Sebab digabung, karena Balai Diklat Keagamaan se Indonesia hanya ada 12 balai, diantaranya Balai Diklat Keagamaan di Palembang.
“Mereka akan dibekali seluruh materi, termasuk perkantoran, administrasi, pelayanan good government, mental, disiplin, fisik, termasuk masalah ibadah dan lainnya,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s