Posted: 23/11/2009 in Home / Beranda

Muktamar IDI ‘Hujan’ Interupsi
InformasiPagi, Sumsel

Puncak Muktamar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-27 yang berlangsung semalam, untuk memilih Ketua Umum IDI periode 2009-2012, dihujani interupsi dan protes dari peserta muktamar, mulai dari tata tertib hingga masalah iuran anggota.
Pantauan di acara muktamar Sabtu (21/11) malam di Hotel Aryadutha, suasana tidak begitu kondusif, sejak acara dimulai pukul 19.30 peserta sudah banyak keluar masuk ruangan, suasana muktamar tidak tertib banyak yang mengobrol dan melakukan aktifitas lainnya. Acara semula dibuka dengan pembacaan tata tertib, presentasi bakal calon Ketum IDI, pemanggilan bakal calon.
Semula ada 13 bakal calon yang diumumkan, namun pimpinan sidang melemparkan ke forum siapa lagi yang ditawarkan mejadi calon ketua umum, akhirnya dua orang dicalonkan peserta sehingga menjadi 15 bakal calon. Dari 15 nama bakal calon, ada tiga tidak hadir, dan tiga orang menyatakan tidak bersedia, sehingga menyisakan sembilan calon ketua umum.
Ketika sudah memasuki sesi pemilihan, suasana kembali tidak kondusif, pimpinan siding dihujani interupsi dan protes dari ratusan peserta yang memiliki hak suara, dari masing-masing pendukung calon, mulai dari mengenai tata tertib hingga masalah iuran anggota.
Interupsi mayoritas meminta anggota yang membayar iuran saja yang boleh memilih ketua umum, sebaliknya beberapa menginginkan semua boleh memilih ketua umum. Akhirnya dilakukan voting dengan hasil anggota yang membayara iuran yang dapat memilih ketua umum.
Hasil pemilihan mendapatkan tiga orang kandidat terkuat, yaitu pertama dr Zainal Abidin MH MKes, yang saat ini menjabat Sekjend PB IDI 2006-2009 dengan meraih 94 suara, kedua Joko Widiarto dengan 25 suara dan Eddy Raharjo dengan 21 suara. Menyusul setelahnya Wawang 19 suara, Aru Sudoyo 18 suara, Rustam 14 suara, Edi Junaidi 10 suara, Wowo 7 suara, Tri Wahyu 1 suara, sementara ada 1 yang abstain dan 1 suara batal.
Dengan begitu, tiga kandidat terkuat diberikan waktu masing-masing 10 menit untuk memaparkan visi misi, lalu dilakukan debat kandidat.
Disela acara, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia, dr Sugito Wiro Direkso berharap, calon terpilih hendaknya dapat lebih meningkatkan profesionalisme anggota IDI, karena IDI ini merupakan organisasi yang menuntut profesionalisme dokter di Indonesia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s