Posted: 23/11/2009 in Home / Beranda

Gubernur Lepas Kloter Terakhir
InformasiPagi, Sumsel

Pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Palembang, sudah memasuki pemberangkatan terakhir, kemarin Sabtu (21/11), pemberangkatan kloter terakhir yaitu kloter 23 dengan jumlah 266 JCH, dilepas langsung oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin. Pada pemberangkatan Kloter 23 digabung dengan JCH asal Embarkasi Solo 82 orang.
Acara pelepasan dimulai pukul 13.30, dan diberangkatkan dari asrama haji sekitar pukul 14.30 dan take off dari Bandara SMB II Palemabang pukul 16.45. Turut hadir juga, Ketua DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo, Wakil Ketua DPRD SUmsel, H Iqbal Romzi beserta jajaran DPRD Sumsel, Asisten III Pemprov SUmsel, Aidit Aziz, dan lainnya.
Dalam sambutannya, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang, Drs H Najib Haitami menyampaikan, jumlah JCH Embarkasi Palembang asal Sumsel sebanyak 6.349 orang, yang berangkat hanya 6.293 JCH tergabung dalam 20 kloter. Untuk JCH asal Babel berjumlah 9.43 JCH terbagi dalam tiga kloter.
“Petugas kloter yang diberangkatkan sebanyak 115 orang, jika ditambah JCH jumlah totalnya 7.351 orang, JCH Embarkasi Palembang yang batal berangkat karena alasan sakit, meninggal atau lainnya berjumlah 24 orang, jemaah yang meninggal satu dari Babel, satu dari Pagaralam, tiga dari Palembang,” jelas Najib.
Lebih lanjut dijelaskan, hingga kini total jemaah yang mengenakan rompi resiko tinggi mencapai 825 orang, disebutkan, semua JCH Sumsel saat ini sudah terkonsentrasi di Mekkah. “Selebihnya, proses pemberangkatan berjalan lancar tanpa hambatan, kami harap para jemaah dapat mendoakan agar Indonesia khususnya Sumsel dapat makmur, dan dilepas dari cobaan,” katanya.
Wakil Ketua DPRD Sumsel, H Iqbal Romzi sedikit menyampaikan, agar proses ibadah JCH asal Embarkasi Palembang berjalan lancar, tidak terkendala selama di tanah suci, ia meminta agar bantuan dari Gubernur Sumsel dan DPRD Sumsel sebanyak Rp1 juta dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, ibadah haji adalah panggilan Allah SWT, tidak semua orang dapat menjalankannya. Ia berpesan, agar sebelum pemberangkatan dan saat berada di tanah suci, tetap menjaga kesehatan dan kondisi tubuh, karena jemaah akan menghadapi perubahan iklim selama 40 hari.
Selain itu, Alex juga meminta jemaah untuk dapat bersabar selama menjalankan ibadah haji, karena di tanah suci jemaah akan bertemu dengan semua orang dari seluruh dunia yang terkonsentrasi di satu tempat.
“Pesan saya, perbanyaklah minum air putih untuk menjaga kondisi tubuh, kurangi minum-minuman soft drink. Berdoa juga yang terbaik untuk Sumsel, dan perbanyak beribadah, semoga pulang ke tanah air menjadi haji yang mabrur,” harapnya.
Kasubbag Humas dan Protokol Embarkasi Palembang, Saefuddin Latief SAg menjelaskan, didapatkan informasi dari korenponden Depag Sumsel di tanah suci, para jemaah haji banyak menggunakan transportasi angkot untuk ke masjidil haram dibanding menggunakan bus, karena lebih cepat sampai. Jemaah juga tak segan-segan dalam satu kloter menyewa bus khusus untuk transportasi.
“Karena banyaknya yang menyewa dan menggunakan fasilitas angkot dan bus, tarif angkut dinaikkan oleh para sopir. Tapi secara umum kondisi jemaah kita di tanah suci lancar dan baik, bahkan sangat terbantuk dengan bantuan uang transportasi dari Gubernur Sumsel, H Alex Noerdi,” jelasnya.
Sedangkan, dari petugas scanning barang bawaan JCH, masih ditemukan JCH membawa barang-barang yang tidak boleh dibawa dalam pesawat. “Hari terakhir kita menyita 7 botol kecap, 3 susu kaleng, 1 toples cabe, 1 pasta gigi, 1 parfum, 1 shampo dan 2 korek api,” jelas Haryono, koordinator regu. agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s