Posted: 21/11/2009 in Home / Beranda

Ambulan Udara Percepat Evakuasi Pasien
InformasiPagi, Sumsel

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya mempercepat evakuasi pasien masyarakat Indonesia termasuk Sumsel, perusahaan Sun Health Care membantu mempercepat evakuasi pasien melalui Indonesia Air Ambulance atau ambulan melalui udara menggunakan pesawat.
Demikian kata Presiden Direktur Indonesia Air Ambulance, Johnnie Sugiarto PhD kepada para wartawan disela kegiatan Muktamar IDI XXVII di Hotel Aryadutha Jumat (20/11). Indonesia Air Ambulance adalah
wadah penyelenggara medical evakuasi dan transportasi medis di Indonesia di Jakarta, dengan cakupan wilayah pelayanan seluruh Indonesia dan luar negeri.
“Ambulan udara ini sangat membantu pasien agar dapat cepat dievakuasi, siap terbang menjemput pasien 24 jam seluruh Indonesia untuk diantar dari daerah ke rumah sakit Jakarta sampai ke rumah sakit luar negeri,” jelas dia.
Dijelaskannya, ambulan udara layanan dari perusahaan Sun Health Care, memiliki 6 pesawat medis dan 3 helikopter di Jakarta, 5 pesawat di Singapura, dokter-dokter spesialis, perawat spesialisnya yang dapat melayani pasien di udara selama penerbangan ke rumah sakit tujuan, medical equipment, juga bekerjasama dengan maskapai pesawat komersil.
“Ambulan udara ini mempersiapkan pelayanan terpadu One Stop Service pasien akan dilayani mulai dari pengurusan dokumen medis/non medis, dan dilayani bed to bed dijemput dari tempat tidur RS awal diantar ke tempat tidur RS tujuan, berikut pengurusan akomodasi untuk keluarga bila diperlukan,” jelas dia.
Menurut Johnnie, semakin cepat pasien diangkut ke rumah sakit semakin besar kesempatan menyelamatkan dan menyembuhkan pasien. “Pelayanan ambulan udara 24 jam layaknya pelayanan 911 di luar negeri, meski tengah malam pasien tetap akan dijemput dan diangkut. Dengan informasi biayanya bisa dilihat di http://www.indonesiaairambulance.com,” katanya.
Sementara itu, Direktur Indoensia Air Ambulance, dr Hendry Jan CCAT menambahkan, pasien ambulan udara tidak akan direpotkan dengan rumitnya birokrasi administrasi, semua akan diurus pihak ambulan udara.
Ia menerangkan, dalam satu hari pihaknya dapat menerbangkan 6 orang pasien, baik dari daerah ke Jakarta, daerah ke Singapura atau Jakarta ke Singapura untuk diobati, yang sejauh ini mayoritas pasien dari perorangan bukan dari lembaga.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s