Posted: 21/11/2009 in Home / Beranda

Pembangunan Kawasan Jakabaring Dimulai 2010
InformasiPagi, Sumsel

Awal Januari 2010 pelaksanaan percepatan pembangunan-pembangunan di Sumsel, baik di kawasan Jakabaring salah satunya Mall Carrefour atau proyek Tanjung Api-api akan dimulai serentak. Nilai investasi kawasan Jakabaring mencapai Rp1 Triliun, dan semua pembangunan menggunakan pola Build Operate Transfer (BOT).
Demikian dikatakan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin melalui Asisten Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sumsel, H Eddy Hermanto di ruang kerjanya Jumat (20/11). Menurutnya, semua proses administrasi investasi untuk kawasan Jakabaring dan proyek Tanjung Api-api, pada akhir 2009 harus diselesaikan, sehingga pada awal tahun Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menginginkan
semua pembangunan mulai berjalan.
“Di kawasan Jakabaring, seperti pembangunan kantor gubernur, pusat perbelanjaan Carrefour, lapangan golf, lapangan tembak, hotel, kolam renang dan lainnya awal tahun mulai dibangun, dengan nilai investasi mencapai Rp1 Triliun, begitu juga dengan proyek TAA pada 2010 harus mulai digarap,” jelas Eddy.
Lebih lanjut katanya, pola pembangunan kedua kawasan tersebut menggunakan sistem investasi dari pihak ketiga, atau sistem BOT karena semua lahan yang dibangun milik Pemprov Sumsel. Yang nantinya dapat disepakati berapa lama waktu penguasaan bangunan tersebut.
Sehingga pada pertengahan Desember ini semua proses investasi diminta harus sudah selesai. Karena diharapkan pada Juni 2011 untuk pembangunan kawasan Jakabaring harus sudah selesai. “Kalau untuk Carrefour sendiri, pembangunannya selama enam bulan, lokasinya di dekat stadion dengan lahan seluas 2 hektar,” ungkapnya.
Untuk Tanjung Api-api sendiri, para investor diminta Pemprov untuk menyelesaikan proses administrasi, termasuk feasibility study, agar dapat mulai digarap awal tahun mendatang. “Untuk pembangunan kawasan Jakabaring, sudah banyak investor yang berminat, juga dengan proyek TAA, tapi kita tetap selektif agar tidak menemui kesalahan nantinya. Di Jakabaring nanti akan dibuat power plan khusus 20 megawatt,” jelas dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s