Posted: 20/11/2009 in Home / Beranda

Mundur Jika Tidak Mampu Pimpin Daerah
InformasiPagi, Sumsel

Kepala daerah yang tidak mampu memimpin daerah, salah satunya tidak mampu meningkatkan index pembangunan manusia, harus mundur dan diganti.
Demikian dikatakan oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, di Hotel Aryadutha Kamis (19/11). Dalam beberapa forum nasional, ia menyampaikan saran kepada pemerintah pusat, untuk mulai mempertimbangkan penilaian tahunan kinerja para kepala daerah dan
mengganti jika tidak mampu membuat perubahan.
“Saya tidak meminta, karena nanti dibilang sombong, tapi saya mengusulkan itu kepada pemerintah pusat juga pada setiap forum nasional,” jelas dia.
Menurutnya, jika kepala daerah memang tidak mampu menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditentukan misalnya 1-2 tahun, lebih baik mengundurkan diri sebelum masa jabatan habis. “Jadi jabatan Kepala Daerah itu bukan lima tahun, tapi sampai lima tahun, kalau tidak sampai lima tahun tidak ada perkembangan sebaiknya diganti,” saran dia.
Karena menurut Alex, masyarakat pasti sudah lama menanti akan kesejahteraan dari Bupati/Walikota atau Gubernur yang mereka pilih, jika tidak dapat memberikan sumbangsih positif kepada masyarakat, masyarakat akan dirugikan selama lima tahun lamanya. “Kalau merasa merugikan rakyat, seharusnya pemimpin daerah tersebut sadar untuk mengundurkan diri jika memang tidak memiliki kompetensi,” kata Alex.
Alex mengusulkan, pemerintah pusat membuat kriteria khusus penilaian kepala daerah setiap tahunnya, misalnya pencapaian suatu program, seperti index pembangunan manusia dan lainnya.
“Dalam satu tahun apa yang akan dicapainya, saat dia masuk berapa index pembangunan manusianya, setelah satu tahun apakah meningkat atau tidak, kalau tidak tercapai lebih baik diganti orang lain, ide yang saya sarankan seperti itu,” ungkapnya.
Namun meski begitu, ia hanya bisa menyarankan, kewenangan penuh ada pada pemerintah pusat, bahkan Pemerintah Provinsi pun tidak memiliki kompetensi atau kebijakan untuk melakukan penggantian.
“Itu adalah kebijakan nasional dari pemerintah pusat, Provinsi tidak memiliki kebijakan dan kompetensi itu, tapi seyogyanya kalau bisa seperti itu,” terang dia.
Hanya saja ia kata Alex, akan mengevaluasi kinerja kabupaten/kota pada akhir tahun, dan akan memberikan masukan apa yang harus diperbaiki ke depan.Agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s