Posted: 17/11/2009 in Home / Beranda

Sumsel Targetkan Destinasi Utama Mice
InformasiPagi, Sumsel

Sumsel dinilai sangat berpotensi untuk menjadi destinasi Mice (meeting, incentive, convention, exhibition), namun Sumsel baru disebut potensial untuk mice belum destinasi utama, bahkan menduduki peringkat 11 besar destinasi mice. Pada 2010 Pemprov Sumsel menargetkan Sumsel menjadi destinasi utama mice.
Demikian terungkap dalam acara Sumsel destinasi Mice yang potensial di Sumatera, diadakan di Hotel Horison Selasa (17/11). Staf Ahli Menteri Pariwisata, Titien Soekarya mengatakan, Mice Indonesia sangat potensial dikembangkan, namun sarana penyelenggaran mice perlu ditingkatkan.
Selain itu, perlu adanya peningkatan SDM, peran pemerintah daerah dalam mendorong industri pariwisata juga penting. “Perlu ada strategi promosi yang pas, untuk mencapai target wisman 7 juta wisman pada 2010, dan 7,7 juta wisman pada 2011,” kata dia.

Diharapkan Titien, ke depan Sumsel menjadi destinasi Mice yang diandalkan dan diminati, dengan terus bekerjasama media massa dalam hal publikasi. Karena, berdasarkan suvei Lembaga International Network for the Conservation of Contemporary Art (INCCA), Sumsel khususnya Palembang baru disebutkan daerah potensial destinasi Mice selain Lombok dan Balikpapan. Sementara daerah destinasi utama Mice adalah Medan, Padang, Batam, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makasar dan Manado.
Pada sambutannya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyampaikan, Sumsel bukan hanya potensial tapi memang sudah layak menjadi destinasi utama, yang tidak kalah dengan Medan. Karena, infrastruktur, aksesibilitas, akomodasi di Sumsel sudah sangat mendukung untuk diadakan Mice, begitu juga dengan banyaknya potensi kuliner.
“Sumsel khususnya Palembang ini luar biasa, kegiatan Nasional dan Internasional sudah dan akan diadakan di Sumsel, fasilitas sudah menunjang, Sumsel bisa dijadikan wisata olaharaga, wisata pendidikan. Jadi, kalau disurvei ulang tahun depan peringkat harus melonjak, kalau sekarang masih potensial tahun depan harus destinasi utama,” tegas Gubernur optimis.
Gubernur mengimbau, semua pihak harus mendukung hal ini, termasuk masyarakat haruslah sadar wisata, begitu juga media massa juga berperan penting menjadikan Sumsel destinasi utama Mice.
Kadisbudpar Sumsel, Hj Euis Rosmiati mengatakan, Sumsel sudah siap menjadi destinasi utama Mice, mulai dari convention hotel banyak yang memadai, meeting seluruh hotel sudah memungkinkan, exhibition fasilitas pementasan seperti BKB, Dekranasda, Kambang Iwak dapat dijadikan tempat kegiatan. “Kita akan tingkatkan lagi aksesibilitas, keamanan, dan fasilitas pendukung lainnya, misal akses ke ODTW Danau Ranau yang jarak tempuh 9 jam, harus dicari potensi wisata apa yang ditawarkan selama perjalanan itu,” katanya.
Sementara itu, Dirjen Pemasaran Depabudpar, Nia menyampaikan, strategi pemasaran pariwisata dan promosi Mice harus fokus kepada market, iklan, kerjasama industri untuk pemasaran, travel agen dan lainnya perlu dilaksanakan. “Yang terpenting adalah, keseriusan Pemda itu sendiri dalam mendukung kepariwisataan di daerahnya, misal dalam hal anggaran. Sumsel beruntung Gubernurnya sangat konsen untuk pariwisata, Sumsel bisa menjadi destinasi utama Mice ke depan,” jelas dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s