Posted: 17/11/2009 in Home / Beranda

Kloter 23, Embarkasi Haji Solo Gabung Ke Palembang
InformasiPagi, Sumsel

Pada pemberangkatan Kloter 23 Embarkasi Haji Palembang mendatang, Embarkasi Solo akan ikut bergabung dengan Embarkasi Palembang, karena jumlah JCH (Jemaah Calon Haji) Kloter 23 tidak sampai 350 juga sebaliknya. Selain itu, ketentuan penggabungan telah diatur oleh Departemen Agama RI.
Demikian diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Depag Sumsel, Drs H Najib Haitami, di ruang kerjanya Selasa (17/11). Pada pemberangkatan JCH Kloter 23 tanggal 21 November pukul 14.00 mendatang, JCH asal Embarkasi Solo akan berangkat ke Jeddah dengan bergabung Embarkasi Palembang. “JCH dari solo akan datang ke Palembang, dan akan digabung berangkat langsung ke Jeddah,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Palembang ini.

Dijelaskan Najib, total JCH Embarkasi Solo yang akan bergabung sebanyak 82 JCH, jika digabung dengan Embarkasi Palembang total JCH sebanyak 350 orang. Penggabungan bukan tidak beralasan, karena satu kloter harus berjumlah 350 JCH, sedangkan Embarkasi Palembang dan Embarkasi Solo tidak sampai sebanyak itu sehingga digabung.
“Itu juga bukan sembarang digabung, tapi memang sudah ada ketentuan dari pihak Maskapai Garuda, dan juga yan mengatur embarkasi mana yang bergabung itu adalah Departemen Agama Pusat,” jelas dia.
Menurut dia, pada pelepasan pemberangkatan kloter terakhir yaitu kloter 23 tersebut, direncanakan dilepas langsung oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, bahkan Wakil DPRD Sumsel juga sudah menyatakan akan ikut melepas pemberangkatan Kloter terakhir.
“Yang melepas akan diusahakan pak Gubernur, karena saat kloter pertama gubernur yang melepas, kita harap pada kloter terakhir pak Gubernur juga yang melepas, Wakil Ketua DPRD juga akan menghadiri pemberangkatan JCH kloter terakhir,” ungkapnya.
Sementara itu, Kasubbag Humas dan Protokol Embarkasi Palembang, Saefudin Latief SAg menambahkan, jumlah JCH yang sudah diberangkatkan hingga kemarin sebanyak 6.444 JCH, atau sekitar 78, 34 persen dari jumlah JCH.
Menurut Saefudin, semua jemaah Embarkasi Palembang semuanya sudah di Mekkah, sebagai informasi, ada empat JCH Embarkasi Palembang yang wafat, satu dari Kepulauan Babel, dua dari Palembang, satu dari Pagaralam. “Rata-rata mereka wafat karena gangguan pernafasan, selebihnya JCH sehat, mudah-mudahan mereka bisa melaksanakan ibadah yang sempurnya dan menajdi haji yang mabrur,” doanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s