Posted: 16/11/2009 in Home / Beranda

933 Peserta Tak Ikuti Tes Depag
InformasiPagi, Sumsel

Dari 6.149 peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Lingkungan Departemen Agama (Kanwil Depag) Sumsel, kemarin Minggu (15/11), hanya 5.216 ikut tes, sisanya tidak diketahui alasannya, namun sebagian dipastikan karena lulus tes CPNS pemda.
Demikian dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah Depag, Drs H Najib Haitami MM melalui Kasubbag Hukmas dan KUB, Saefudin Latief SAg kepada BeritaPagi Minggu (15/11). Secara umum pelaksanaan tes Depag Sumsel berjalan lancar, berdasarkan hasil rekap panitia usai pelaksanaan tes, dari total 6.149 peserta pendaftar, yang ikut tes hanya 5.216 peserta sisanya yaitu 933 peserta tidak hadir dan tidak mengikuti tes.
“Dari analisa panitia, kemungkinan besar sebagian peserta yang tidak ikut tes lulus tes CPNS Pemda yang kebetulan hari ini di media massa ada pengumuman hasil tes CPNS, selain itu kita tidak tahu alasan pastinya,” jelas Saefudin.
Lebih lanjut dijelaskannya, sesuai peraturan, sebanyak 6.149 soal tes CPNS Depag pada sore kemarin di komplek MAN 3 langsung dimusnahkan dengan cara dibakar, pemusnahan disaksikan langsung oleh Inspektorat Jenderal Depag RI, Kabiro Kepegawaian Depag RI, Kakanwil Depag Sumsel dan jajaran panitia tes CPNS Depag Sumsel.
“Tepat pukul 17.30 sore ribuan soal itu dimusnahkan, alasan dimusnahkan, karena sesuai peraturan yang berlaku setelah pelaksanaan tes CPNS Depag, soal-soal harus dimusnahkan, tidak boleh disimpan atau digandakan,” jelas dia.
Saefudin juga mengatakan, evaluasi akhir kepanitian, tidak temukan perjokian dalam tes CPNS Depag, karena segenap kepanitian telah bekerja dari pagi sampai malam bersama Depag Pusat, ketat melakukan pemantauan secara terus menerus
“Bahkan penyelenggaraan penerimaan tes CPNS tahun ini berjalan lebih baik dari tahun lalu, kalau tahun lalu ada soal yang tidak pas dengan formasinya dan lainnya, tapi tahun ini Alhamdulillah semua berjalan lancar,” ungkapnya.
Menurut Saefudin, setelah dilakukan tes, soal-soal langsung dibawa ke Jakarta untuk dikoreksi melalui proses scanning, dan pada tanggal 28 November akan diumumkan secara serentak baik di Kanwil atau dipublikasikan melalui media massa.
Sementara itu, Kakanwil Depag Sumsel, Drs H Najib Haitami MM mengatakan, ia dan Irjen Depag RI serta tim kepegawaian Depag RI telah membuka tes CPNS di MAN 3 Pakjo, dan meninjau ujian di delapan lokasi yaitu pertama di MAN 2 Komplek IAIN RF, kedua di IAIN RF sendiri, MAN 1 Jakabaring, MIN 1 Pahlawan, MIN 2 Pakjo, MTSN 1 Pahlawan, MTSN 2 Pakjo, MAN 3 Pakjo.
Najib memastikan, pada penerimaan CPNS tahun ini berjalan, bersih, murni tanpa ada permainan sedikit pun. Oleh karena itu, dengan perbandingan 5.216 peserta untuk 82 formasi, diharapkan peserta yang lulus memang berkualitas, memiliki kompetensi, cerdas sesuai kriteria yang diinginkan Depag. “Sehingga reformasi birokrasi yang ingin diwujudkan akan berjalan lancar, dan lambat laun SDM-SDM yang berada di tubuh Depag memang berkualitas, teruji, dan bermanfaat bagi masyarakat dan umat,” tutupnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s