Posted: 14/11/2009 in Home / Beranda

Hari Pahlawan Jangan Pentingkan Suku
InformasiPagi, Sumsel

Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu, diperingati dengan berbagai cara, Distrik Militer (Dandim) 0418 Palembang, Dishub Palembang dan Poltabes Palembang memperingatinya dengan ajang silaturahmi melalui pertandingan olahraga. Hari Pahlawan disebutkan bukan untuk bercerai tapi bersatu tanpa mementingkan suku.
Demikian ditegaskan oleh Komandan Dandim 0418 Palembang , Letkol Inf Asep Rahman Taufik, disela kegiatan silaturahmi dan pertandingan olahraga di lapangan Pelabuhan 35 Ilir Palembang Jumat (13/11). Menurutnya, peringatan Hari Pahlawan memiliki kandungan makna perintisan, dalam arti para pendahulu yaitu para pahlawan telah memberikan jalan bagi generasi penerusnya, untuk mendapatkan hak merdeka sepenuhnya.
“Hak ini tidak boleh disepelekan begitu saja, para generasi penerus yang sekarang hendaknya mengisi kemerdekaan dengan pembangunan,” jelas dia.
Khusus kepada jajaran TNI Kodim 0418 sendiri, Asep menegaskan, para prajurit harus benar-benar meresapi perjuangan para pahlawan dahulu. “Hari Pahlawan ini juga mengandung makna rasa kesetikawanan sosial, sehingga kita tidak diperkenankan hanya mementingkan satu suku atau ras saja,” tegas dia.
Karena sambung dia, Bangsa Indonesia itu adalah satu kesatuan dan tidak boleh tepecah belah, untuk itulah para pahlawan telah mewariskannya kepada anak cucu setelahnya yaitu sekarang dan mendatang.
Mengenai kegiatan pada peringatan Hari Pahlawan sendiri, Asep menjelaskan, selain Kodim 0418 Palembang, diikuti juga Dishub Palembang dan Poltabes Palembang, dengan melakukan senam bersama, perlombaan persahabatan badminton, tennis meja, biliard.
“Kegiatan ini bertujuan memupuk keeratan antar instansi, yang selama ini juga telah terjalin baik. Kita juga mengajak masyarakat memasyarakatkan olahraga serta ingin mengolahragakan masyarakat, karena kesehatan rohani jasmani modal aktifitas sehari-hari,” tutupnya.
Sedangkian, PLT Kepala Dishub Palembang, Masripin menjelaskan, jalinan kerjasama Dishub, Kodim dan Kepolisian dipererat lagi dengan diadakannya silaturahmi melalui kegiatan olahraga kemarin, dengan harapan ke depan tiga pihak tersebut dapat mengisi pembangunan dengan kesatuan dan persatuan yang kuat.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s