Posted: 14/11/2009 in Home / Beranda

Klaim Jamsoskes Semesta Diprediksi Rp128 Miliar
InformasiPagi, Sumsel

Berdasarkan data terakhir dari Sekretariat Program Jaminan Sosial Kesehatan (Jamsoskes) Sumsel Semesta, jumlah klaim yang diajukan dari Kabupaten/kota baru mencapai Rp35 miliar, diprediksi pada 2009 klaim akan mencapai Rp128 miliar.
Sekretaris Sekretariat Jamsoskes, Henny Kushardiani di Kantor Gubernur Jumat (13/11) mengatakan, hingga menjelang akhir tahun ada beberapa daerah baru mengajukan klaim sampai Juli, sedangkan jika menurut mekanisme anggaran hanya sampai Desember yang tinggal satu bulan lagi.
“Ada yang mengklaim sampai Juli, September, dan juga November, sampai sekarang dana yang sudah diklaim itu ada sekitar Rp35 Miliar, yang sampai September saja baru empat Kabupaten yang mengklaim yairu OKUT, Lubuk Linggau, Palembang dan OKU yang lainnya belum,” jelas Kasi Jaminan Pemeliharan Kesehatan Masyarakat Dinkes Sumsel ini.
Dijelaskannya, total anggaran yang disediakan untuk klaim program Jamsoskes Sumsel Semesta pada 2009 sekitar Rp240 Miliar, dan berdasarkan estimasi klaim per bulan dapat diprediksikan total seluruh klaim pada 2009 mencapai sekitar Rp128 miliar.
“Untuk lebih pastinya, nanti kita akan konfirmasi dengan prediksi dari masing-masing pelayanan, namun yang jelas sekitar Rp128 miliar itu bukan dari uang provinsi semua, melainkan sharing APBD kabupaten/kota, yang besaran sharingnya berbeda-beda ada yang 50:50, 60:40 dan lainnya, tapi diharapkan pada 2010 sharing akan 50:50,” harapnya.
Diterangkan Henny, kendala lambannya klaim yang diajukan Kabupaten/kota karena beberapa faktor antara lain proses pengajuan klaim yang memakan waktu. Karena menurutnya, proses klaim harus melakukan dua verifikasi.
“Pertama verivikasi di rumah sakit yaitu kesesuaian biaya klaim dengan diagnosa penyakit, dan juga verifikasi di tim pengelola dinas kabupaten/kota yaitu verifikasi kelengkapan berkas, sebab kita harus mempertanggung jawabkan dengan bukti berkas klaim. Makanya membutuhkan proses yang lama, ada yang baru sampai Juni, Juli, Agustus, tapi yang paling banyak sampai Juni,” ungkapnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s