Posted: 12/11/2009 in Home / Beranda

Baru 300 Pegawai Hotel Yang Disertifikasi
InformasiPagi, Sumsel

Selama ini para pegawai hotel-hotel di Sumsel, banyak yang belum disertifikasi, bahkan di level manajerial disebutkan baru beberapa saja yang disertifikasi.
Demikian dikatakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Sumsel, Iwan Setiawan disela kegiatan sertifikasi karyawan hotel di Hotel Swarna Dwipa Kamis (12/11).
Jumlah hotel se Sumsel yang terdaftar di PHRI ada 359 hotel, dengan sekitar 7.000 pegawai, untuk restoran ada 547 retoran dengan lebih dari 7.000 pegawai. Menurutnya, khusus pegawai hotel sementara ini belum ada yang disertifikasi, bahkan untuk di level manager tidak seluruhnya yang disertifikasi.
“Baru 2009 ini awal kita melakukan sertifikasi pegawai hotel, namun pada 2010 juga kita akan anggarkan lagi untuk sertifikasi,” katanya.
Sertifikasi ini kata Iwan, bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sumsel dan LSP pusat, dan untuk tahap pertama ini, PHRI menyiapkan 300 pegawai hotel baik hotel melati hingga hotel berbintang dari 15 kabupaten/kota untuk diuji kompetensi. “Hari ini (kemarin-red) dilakukan praktikumnya dan akan dilakukan selama dua hari,” jelasnya.
Menurut Iwan, banyak faktor dihadapi selama ini, yang membuat sertifikasi baru dilakukan, seperti tenaga pengajar dari asesor berpengalaman dan bersertifikasi luar negeri di Indonesia sangat sedikit, selain itu proses sertifikasi ini dijadwalkan PHRI pusat, Sumsel baru mendapatkan jadwal di akhir 2009.
“Sertifikasi ini langkah awal agar ke depan kita dapat membenahi SDM di hotel-hotel, sehingga bisa lebih mengacu terhadap standarisasi SDM hotel,” terang dia.
Karena menurutnya, percuma jika infrastruktur ditambah dan fasilitas bagus, namun kualitas SDM itu sendiri tidak ditingkatkan, seperti dari penampilan, pelayanan, greeting, pengetahuan pelayanan standarisasi hotel sangat minim dan tidak baik.
“Peningkatan SDM ini perlu dilakukan, seiring dengan permintaan Gubernur Sumsel dan Walikota Palembang, yang berharap Sumsel dan Palembang menjadi destinasi pariwisata,” tutupnya.
Sementara itu, Direktur Hotel Swarna Dwipa, Augie Yahya Bunyamin mengatakan, pihaknya menyambut baik yang dilakukan PHRI Sumsel untuk kemajuan SDM hotel di Sumsel.
“Saya berterima kasih banyak, ini contoh kerjasama yang baik antara PHRI dan hotel khususnya PD Swarna dwipa, baik dalam untuk sertifikasi food and beverage, front office, house keeping, juga managerial level, dan khusus untuk Swarna Dwip diberikan kemudahan seluruh karyawannya diharuskan untuk ikut sertifikasi,” kata dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s