Posted: 12/11/2009 in Home / Beranda

Organisasi-organisasi Veteran Diusulkan Digabung
InformasiPagi, Sumsel

Untuk menyatukan visi dan misi, dan lebih mempererat kesatuan antar sesama veteran di Sumsel, wadah organisasi-organisasi veteran diusulkan untuk digabung menjadi satu forum.
Demikian terungkap dalam acara silaturahmi para veteran di markas besar Legiun Veteran Republik Indonesia Sumsel di Jalan Rajawali Kamis (12/11). Acara dihadiri oleh banyak pejabat penting, antara lain Wagub Sumsel, H Eddy Yusuf, Wakapolda Sumsel, Brigjend Achmad Ismail, Kasdam II/Swj Brigjend TNI Junianto Haroen, Ketua Umum Pengurus Ikatan Keluarga Besar Veteran dan Purnawirawan TNI-POLRI Sumsel, Mayjen TNI (purn) H Syahrial BP Peliung, Kepala Dinas Sosial Sumsel, Hj Ratnawati, organisasi-organisasi veteran se Sumsel dan undangan khusus lainnya.
Dalam sambutannya, Kasdam II/Swj Brigjend TNI Junianto Haroen menyampaikan, veteran ke depan harus memiliki program kegiatan yang jelas, agar dapat dirasakan oleh masyarakat keberadaannya. Selain itu persatuan dan kesatuan harus terwujud dengan baik, bukan hanya sebuah slogan dan komitmen namun harus dilaksanakan.
“Para senior dan sesepuh harus dapat menjadi contoh dan teladan untuk mewujudkan soliditas. Sekarang ada banyak organisasi-organisasi veteran, saya sarankan untuk dijadikan satu forum saja, dan melaksanakan satu visi dan misi,” saran dia.
Usai acara, Wagub Sumsel, H Eddy Yusuf mendukung saran penggabungan organisasi-organisasi veteran, karena dengan penggabungan tersebut, para veteran dapat lebih bersatu dan bergabung dalam satu wadah berhimpun.
“Itu baru wacana saja dari Kasdam, tapi itu bagus, pertama wadah berhimpunnya bisa jelas, karena sekarang organisasi veteran sekarang bermacam-macam,” katanya singkat.
Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Ikatan Keluarga Besar Veteran dan Purnawirawan TNI-POLRI Sumsel, Mayjen TNI (purn) H Syahrial BP Peliung, juga menyambut baik wacana penggabungan organisasi-organisasi veteran.
“Menurut saya baik sekali karena di era sekarang, harus ada ikatan persatuan yang kuat jangan sampai para purnawirawan dan veteran terpecah, sekarang masing –masing punya organisasi, seperti angkatan darat, angkatan udara, kepolisian, harapan kita dapat bersatu dan sama-sama bekerja mendukung program pemerintah,” kata dia.
Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Sumsel, A Zawawi Tjik Molek menyetujui jika ada penggabungan organisasi veteran. “Setuju saja dan bagus, bagaimana jalan keluarnya yang terbaik, tapi yang terpenting azaz manfaatnya juga harus pertimbangkan,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s