Posted: 11/11/2009 in Home / Beranda

ICT Dukung Good And Clean Government
InformasiPagi, Sumsel

Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government), pemanfaatan teknologi informasi dan komuikasi atau Information Communication and Technology (ICT) tidak dapat dihindarkan. Karena ICT menjadi faktor penting bagi kemajuan bangsa di era global.
Demikian disampaikan oleh Kepala Bappeda Sumsel Ir Yohannes H Toruan, dalam seminar penggunaan ICT dalam pemerintahan untuk meningkatkan pelayanan publik di Sumsel, yang diadakan di Aula Gedung Magister Manajemen Unsri Sabtu (7/11). Menurutnya, Sumsel memiliki potensi SDA yang kaya dibanding daerah lain, keunggulan tersebut terus dikembangkan, seiring dengan peningkatan kuallitas penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik.
“good and clean government dapat mendorong tumbuhnya investasi dan pengelolaan potensi daerah, sehingga dapat meningkatkan PAD, menyerap tenaga kerja, hingga untuk mensejahterakan rakyat itu sendiri,” katanya.
Upaya mewujudkan good and clean government tersebut kata Yohanes, salah satunya dengan cara memanfaatkan ICT, guna mendorong kemajuan bangsa, perkembangan kehidupan politik, sosial, budaya, pendidikan serta peningkatan kapasistas governance diberbagai sektor pembangunan.
“Pengembangan ICT ini tertuang dalam sistem informasi terpadu (SIT), yang didukung oleh undang-undang dan peraturan pemerintah. Untuk itulah Pemprov mengambil kebijakan untuk menerapkan pemerintahan yang baik dan bersih, guna meningkatakan kualitas pelayanan publik,” jelasnya.
Lebih lanjut dijelaskannya, strategi yang digunakan untuk penerapan SIT tersebut antara lain, membangun, mengembangkan dan memanfaatkan infrastruktur SIT dimasing-masing unit kerja pemda. Mengadakan pendidikan dan pelatihan tentan gaplikasi SIT untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas SDM pada unit kerja lingkungan Pemprov.
“Strategi lainnya adalah, membangun komunikasi baru yang lebih produktif dan efisien berdasarkan minat dan kepentingan yang sama dalam penggunaan SIT pada unit kerja di lingkungan Pemprov. Juga melakukan monitoring dan evaluasi kinerja aparatur Negara secara kuantitatif sebagai indicator keberhasilan pelaksanaan penerapan SIT dan lainnya,” ungkapnya.
Menurutnya, Pemprov telah menyediakan infrastruktur dan menerapkan ICT untuk memperlancar tugas-tugas administratif, seperti mengembangkan beberapa situs web resmi tentang Pemprov Sumsel dan dinas-dinas lingkungan Pemprov.
“Pemprov sangat mendukung diterapkannya ICT demi pemerintahan yang bersih dan baik, namun pembangunan infrastruktur yang akan diimplementasikan harus terencana, efisien, peroduktifitas sesuai dengan kebutuhan. Selain itu juga harus dapat mengakomodasi, mengintegrasi serta memanfaatkan seoptimal mungkin infrastruktur yang sudah ada,” tutupnya.
Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unsri, Saparudin MT mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan pemerintah daerah, salah satunya melalui sekitar 200 mahasiswa yang ditempatkan di kantor-kantor pemerintah daerah se Sumsel.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s