Posted: 11/11/2009 in Home / Beranda

Bulog Beli 135 Ribu Ton Beras
InformasiPagi, Sumsel

Sumsel memang layak disebut sebagai lumbung pangan, hal ini salah satunya dibuktikan dari produksi beras dari para petani Sumsel, yang diketahui dari pembelian beras oleh bulog dari petani Sumsel. Setelah mencapai target pada 2008, di 2009 dari target 135 ribu ton, pembelian beras Bulog dari petani hingga kini sudah mencapai sekitar 132 ton beras, tinggal sekitar 3.000 ton lagi target akan tercapai.
Demikian dikatakan oleh Kadivre Bulog Sumsel, Ir Teddy Mulwady Senin (9/11). Pada 2008 lalu Bulog sudah membeli beras dari petani dan mitra kerja melebihi target yaitu mencapai 112.650 ton. “Ini pemecah rekor sejak berdirinya Divre Sumsel,” katanya.
Sehingga sambung dia, pada tahun 2009 pihaknya kembali menargetkan pembelian beras dari petani dan mitra kerja hingga 135 ribu ton. “Kita ingin memecahkan rekor kembali pada tahun ini,” harap Teddy.
Harapan tersebut dipastikan tercapai, karena menurutnya hingga sekarang Bulog masih bisa menampung 132.450 ton beras, tinggal sekitar 3.000 ton lagi, maka Bulog kembali akan mencapai target 2009. “Kalau ini tercapai, maka ini langkah terbaik Divre Sumsel karena bisa membeli beras dan gabah dari petani dan mitra kerja sebanyak 135 ribu ton pada 2009,” ungkapnya.
Bahkan pada 2010 sambung Teddy, target pembelian beras dari petani dinaikkan lagi hingga 145 ribu ton, jika memang tercapai maka berarti lebih baik dari 2009. “Tapi, jangan target kita melambung tinggi sementara pencapaiannya tidak ada, misalnya target 200 ribu ton ternyata yang dicapai hanya 100 ribu ton, jadi untuk target ini kita hitung dengan kemampuan,” terang dia.
Dijelaskannya, Sumsel patut bangga karena beras yang ditanam petani Sumsel juga dikonsumsi oleh masyarakat di Bengkulu. Pada 2009 Bulog menargetkan mengirim beras ke Bengkulu mencapai 19 ribu ton, yang hingga kini baru terkirim 11.500 ton, yang dikarenakan muatan gudang Bengkulu yang terbatas, ke depan pihaknya juga akan mengirim beras ke Kepulauan Riau, Jambi dan daerah lainnya. “Ini menunjukkan bahwa Sumsel lumbung pangan sudah mulai terlihat pencapaiannya, karena sudah memenuhi kebutuhan sehingga mengirim ke daerah lain,” katanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s