Posted: 07/11/2009 in Home / Beranda

Kabiro Harus Kuasai Bahasa Inggris
InformasiPagi, Sumsel

Hingga kini ada dua biro yang tidak memiliki kepala biro, kekosongan ini, dalam waktu dekat pemprov akan diisi, Pemprov tengah menyeleksi Kabiro yang pas, namun yang jelas Kabiro dituntut menguasai Bahasa Inggris.
Demikian dikatakan oleh Sekda Provinsi Sumsel, H Musyrif Suwardi, ditemui di ruang Wakil Gubernur Sumsel Jumat (6/11). Kekosongan dua Kabiro, yaitu Kabiro Penghubung dan Kabiro Umum dan Humas Pemprov Sumsel, akan segera diisi, yang kini masih dalam tahap seleksi.
“Tentunya untuk mencari pejabat yang sesuai itu perlu banyak pertimbangan, harus memilih figur yang tepat, istilahnya the right man on the right place, jadi gak mudah,” katanya.
Lebih lanjut ujar Sekda, penyeleksian melalui berbagai proses, mulai dari dewan jabatan, hingga melalui keputusan dari Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.
“Calonnya pasti ada, tapi calonnya banyak, semua pejabat sipil di Sumsel yang memenuhi persyaratan seperti pangkat, tentu berpotensi menjadi Kabiro, tapi tinggal ada beberapa pertimbangan untuk menentukannya, dan akan dilakukan pengisian sesegera mungkin,” ujarnya.
Namun yang pasti kata Musyrif, Kepala Biro, haruslah menguasai Bahasa Inggris, seperti dicontohkan untuk Kepala Biro Penghubung, yang harus memiliki link dengan departemen, memiliki wawasan yang sudah nasional. “Minimal Kepala Biro itu menguasai bahasa asing yaitu Bahasa Inggris,” pintanya.
Mengenai pejabat-pejabat yang statusnya masih PLT, seperti Kadisnak, Ir Asrillazi Rasyid dan Kadispora, ia juga mengatakan mudah-mudahan akan segera ada keputusan tergantung dari Gubernur Sumsel.
Sementara itu, menanggapi kekosongan Kepala Biro dan mengenai pengangkatan PLT Kadisnak dan Kadispora, Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf mengatakan, untuk Kepala Biro Humas, Sekda Provinsi Sumsel, bisa saja mengisi sementara jika diberikan kewenangan.
“Untuk Kabiro ini tidak ada kriteria khusus, tapi penilaian saya adalah kemampuannya, untuk PLT semestinya tidak perlu ada PLT, setelah kosong harus langsung diganti,” kata Eddy.
Wagub menjelaskan, ia tidak dapat memberikan kepastian kapan dan siapa yang akan ditentukan menjabat Kabiro dan pengangkatan PLT, karena wewenang ada di Gubernur Sumsel.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s