Posted: 05/11/2009 in Home / Beranda

Pemadaman Listrik Kembali Didemo
InformasiPagi, Sumsel

Permasalahan pemadaman listrik di Sumsel khususnya di Palembang, kembali didemo oleh mahasiswa, kemarin Kamis (5/11) di halaman Kantor Gubernur Sumsel, puluhan mahasiswa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Palembang, menyampaikan lima tuntutan yang salah satunya untuk menghentikan pemadaman listrik.
Aksi sendiri berlangsung damai, dan diterima oleh Kabankesbangpol Linmas SUmsel, Rusli Nawi dan Kepala Biro Pemerintahan, Mulyadin Roham.
Koordinator Aksi, Mukri AS dalam orasinya menyampaikan lima tuntutan mereka, pertam mendesak Presiden SBY mengambil sikap arif dan bijak, menengahi kasus perseteruan KPK dan Polri, tanpa unsure intervensi dan mengedepankan nilai-nilai demokrasi tanpa mengkerdilkan lembaga pemberantasan anti korupsi.
Kemudian kata Mukri, mendesak DPR RI membentuk tim independen dalam penuntasan kasus korupsi yang terjadi di Bank Century, dan dananya disubsidikan untuk kepentingan rakyat miskin Indonesia.
“Kami juga meminta Presiden SBY meninjau ulang penganggaran kebijakan dana taktis para menteri berjumlah Rp200 juta, dan lebih baik disubsidikan untuk kepentingan rakyat miskin,” katanya.
Poin keempat sambungnya, yaitu mempertanyakan secara konkrit program berobat gratis dan sekolah gratis di Sumsel, dan terakhir agar Pemprov Sumsel memiliki andil menghentikan pemadaman listrik, yang dapat merugikan para usaha kecil.
“Padamnya listrik mengganggu embarkasi haji Palembang, melumpuhkan sektor ekonomi usaha kecil, dan juga mengganggu proses belajar mahasiswa dan anak-anak sekolah. Program sekolah gratis juga jangan hanya untuk sekolah negeri saja, sekolah swasta juga diberlakukan,” ujarnya.
Sementara itu, Kabankesbangpol Linmas Sumsel, Rusli Nawi mengatakan, semua informasi yang disampaikan pendemo diterima, dan akan ditindaklanjuti ke pihak terkait seperti perihal sekolah gratis, akan disampaikan ke Dinas Pendidikan Sumsel. “Untuk pemadaman listrik juga kami setuju jika tidak ada lagi pemadaman,” katanya.
Usai berdemo, para pendemo juga mengancam akan turun lagi ke Pemprov Sumsel, dengan massa yang lebih banyak, jika permintaan mereka tidak ditindak lanjuti dalam waktu satu minggu. Setelah melakukan demo di Pemprov Sumsel, pendemo melanjutkan demo di Gedung DPRD Sumsel.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s