Posted: 03/11/2009 in Home / Beranda

Pusat Bantu Rp1 M, Untuk Jalan Rumah Murah
InformasiPagi, Sumsel

Pemerintah pusat membantu dana Rp1 Miliar untuk pembangunan jalan di komplek rumah murah Jakabaring, yang disalurkan ke Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Sumsel.
Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK), Ir H Rizal Abdullah Dipl SE MT di Hotel Horison Senin (2/11). Pihaknya kata Rizal, tengah melakukan percepatan pembangunan 1.000 rumah murah tipe 36 untuk sektor formal di Jakabaring.
“Pembangunan rumah murah tipe 36 di Jakabaring sudah mencapai 500 unit, dan kita juga sedang melakukan tahapan penimbunan lahan, untuk mempercepat pembangunan rumah lainnya,” kata Rizal.
Dijelaskannya, pemerintah pusat telah membantu dana senilai Rp1,5 miliar untuk pembangunan jalan di dalam komplek rumah murah. “Bantuan tersebut untuk pembangunan jalan di lingkungan dalam komplek rumah murah, itu yang penting, seiring dengan itu juga kami berpacu membangun rumah murah ini,” katanya.
Program rumah murah ini lanjut Rizal, sangat didukung oleh semua pihak termasuk pemerintah pusat, bahkan jika progres pembangunan rumah murah lebih baik lagi ke depan, pihaknya berencana meminta bantuan untuk pembuatan drainase dan lainnya. Karena, jika banyak bantuan dari berbagai pihak, program rumah murah ini akan cepat terwujud.
“Rumah tersebut memang harganya sekitar Rp36 juta, dan masyarakat hanya membayar senilai Rp36 juta itu, yang harganya Rp10 ribu/hari untuk sektor formal, dan Rp5 ribu/hari untuk sektor non formal,” katanya.
Mengenai fasilitas listrik, pihaknya berharap tidak menemui kendala dengan PLN, begitu juga dengan air minum serta pipanisasi gas, yang sedang diusahakan agar dapat terealiasasi.
Untuk pembangunan rumah murah tipe 21 untuk sektor non formal, di kawasan Musi II kata Rizal, sudah mulai dikerjakan, dan beberapa sudah dipasang tiang. Mengenai target, pihaknya tetap menargetkan dan berusaha maksimal mencapai target akhir tahun 2009 pembangunan dapat selesai.
Seperti diberitakan sebelumnya, Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumsel, dr H Aidit Aziz, mengatakan, sekitar 100 unit rumah murah tahap pertama, akan langsung di akad kreditkan antara Bank Sumsel dan pendaftar dari kalangan pegawai Pemprov.
“Untuk tahap pertama ini akan diarahkan ke pegawai provinsi terlebih dahulu, tapi akan diseleksi kelayakan lagi oleh Bank Sumsel, akan dilihat gaji terakhir PNS tersebut per bulannya, setelah dipotong kredit-kredit yang diambil PNS tersebut, jika sisanya RP500 ribu maka akan ditunda,” katanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s