Posted: 03/11/2009 in Home / Beranda

2010 Rapat Pemprov Harus Bahasa Inggris
InformasiPagi, Sumsel

Kualitas para pejabat-pejabat Pemprov Sumsel harus ditingkatkan, dalam menghadapi era globalisasi salah satunya menguasai bahasa global seperti bahasa inggris, untuk itulah Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, akan menerapkan rapat dengan bahasa inggris yang efektif pada awal 2010 mendatang.
Demikian diungkapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat membuka seminar influencing the future scanning master class oleh amplios consultant Inggris, yang diikuti seluruh pejabat eselon II di Hotel Horison Senin (2/11). Sumsel harus terdepan dari provinsi-provinsi lain di Indonesia, sehingga para pejabat pemprov haruslah berkualitas salah satunya menguasai bahasa inggris, dan itu harus mulai diterapkan dari rapat-rapat yang diadakan di Pemprov Sumsel.
Disela acara,Gubernur menambahkan, rapat berbahasa inggris mulai efektif berlaku pada 2010. “Next year, in the beginning of 2010, kita akan coba, rapat dalam Bahasa Inggris,” kata Alex.
Penerapan Bahasa Inggris ini lanjutnya, bukanlah tidak beralasan atau sombong, melainkan seuatu keharusan jika ingin berkompetisi dalam era globalisasi. “Ini bukan hanya mau sok-sok saja, karena kita sekarang dalam era globalisasi, bahasa global itu salah satunya Bahasa Inggris, kalau kita tidak menguasai itu maka akan rugi sendiri,” tegasnya.
Mengenai seminar motivasi berbahasa inggris yang digelar, Alex menjelaskan, pembekalan tersebut membahas the future scanning yaitu perencanaan terbaik untuk masa depan. “Apa rencana yang terbaik kita untuk masa depan, dan jangan hanya bekerja keras, selain bekerja kita juga harus cerdas,” katanya.
Alex berharap, hasil seminar dapat ditularkan kepada para bawahan khususnya para eselon III. Karena menurut Alex, semua pejabat harus berkualitas baik di bidangnya masing-masing, jika tidak akan kalah saing dengan yang lebih baik.
“Promosi kepegawaian di Provinsi Sumsel bukan hanya berdasarkan kepangkatan dan senioritas, tapi lebih kepada kinerja dan performance, jadi yang di bawah bisa menyalib untuk naik jika memang pintar. Para pejabat itu digaji dengan uang rakyat, maka rakyat minta yang terbaik untuk mengurusi mereka,” terang Gubernur.
Terakhir Alex mengatakan, jika yang diajarkan di seminar kemarin dapat memotivasi semua pejabat untuk bekerja lebih baik dari yang telah diajarkan, maka Sumsel akan dapat melejit ke depan dari provinsi lain.
Sementara itu, menanggapi rapat berbahasa Inggris, Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumsel, Rizal Abdullah menyambut baik. Menurutnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin adalah seorang yang entrepreneurship, jika bicara entrepreneurship di dalam negeri saja maka akan terbatas.
“Jadi kita harus gali dan belajar lagi dari luar, nah kalau bicara keluar tidak bisa memakai Bahasa Indonesia kita harus mengerti bahasa internasional, untuk itu Bahasa Inggris harus dikuasai dan dimengerti, kita juga harus tahu apa yang akan dibicarakan,” katanya.
Ditanya mengenai akan muncul potensi miskomunikasi dalam rapat nanti, ia mengatakan, proses penerapan perlu mengalami proses. “Proses di dalam rapat itu penting, mungkin ada yang bisa, ada yang belum bisa tapi bisa saling berbagi dan saling menjelaskan,” ujarnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s