Posted: 02/11/2009 in Home / Beranda

Waspada Chikungunya Hingga Maret 2010
InformasiPAgi, Sumsel

Musim hujan telah datang penyakit mulai mengancam mayarakat, khususnya demam berdarah dan chikungunyah, Pemprov Sumsel mengimbau masyarakat agar waspada penyakit musim penghujan, dengan menjaga lingkungan dan kesehatan.
Asisten Kesejahteraan Rakyat, dr H Aidit Aziz Sabtu (31/10) mengatakan, pemprov mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit-penyakit musiman, khususnya pada musim penghujan.
“Memasuki musim hujan, biasanya akan meningkat jumlah penyakit-penyakit yang diakibatkan atau ditularkan oleh nyamuk,” kata Aidit.
Dijelaskannya, penyakit musiman tersebut antara lain, demam berdarah atau chikungunya, yang akan meningkat diperkirakan November 2009 hingga Maret 2010. “Untuk itu masyarakat harus waspada, dan kita harap masyarakat untuk melakukan gerakan kebersihan, tidak hanya di dalam rumah tapi juga di lingkungan luar rumah,” ujarnya.
Karena menurutnya, tidak ada masalah jika masyarakat juga berperan dalam hal kebersihan lingkungan, karena tidak akan maksimal sesuatu pencegahan tanpa keikutsertaan serta partisipasi seluruh masyarakat itu sendiri, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.
Namun, selain masyarakat, Asisten Kesra juga meminta aparat dari tingkat RT, Lurah dan Kecamatan sebagai pemacu masyarakat agar berperan mengantisipasi menyebarnya dua penyakit ini. “RT dan lurah dan kecamatan, kita harapkan sangat berperan dalam kebersihan lingkungan, karena yang jelas lingkungan yang bersih tentu akan membuat kita lebih sehat,
Menurut Aidit, Pemprov melalui Dinas Kesehatan Sumsel telah memiliki anggaran khusus untuk sosialisasi dan upaya penanggulangan penyebaran penyakit, termasuk jika timbulnya penyakit-penyakit yang ada potensi kejadian luar biasa (KLB).
Seperti di ketahui beberapa kabupaten di Sumsel beberapa minggu terakhir sudah mulai ditemukan mayarakat yang terkena penyakit chikungunyah. Chikungunya timbul akibat gigitan nyamuk spesies aedes aegypty yang menyebarkan virus jenis alphavirus pada setiap gigitannya pada manusia.
Jika terserang chikungunyah, awalnya penderita mengalami demam tinggi diikuti rasa sakit pada otot dan sendi, dan akan terjadi pembesaran kelenjar getah bening, mengakibatkan menimbulkan kelumpuhan yang sifatnya sementara.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s