100 Rumah Murah Pertama Untuk PNS Pemprov

Posted: 31/10/2009 in Home / Beranda
Tags:

InformasiPagi, Sumsel
Program rumah murah Pemprov Sumsel khususnya sektor formal, sudah melewati tahap verifikasi, pemprov dalam waktu dekat akan mengadakan rapat dengan tim rumah murah, tentang rencana pemberian 100 unit rumah murah tahap pertama kepada PNS Pemprov Sumsel.

Demikian diungkapkan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumsel, dr H Aidit Aziz, ditemui diruang kerjanya Jumat (30/10).
Menurutnya, seiring rumah murah sektor formal sudah bertahap selesai, pemprov segera melakukan rapat dengan Bank Sumsel, pihak pembangun yaitu REI.

“Pembangunan rumah murah tipe 36 di Jakabaring, sudah bertahap selesai, diperkirakan November ini akan selesai 50-100 unit rumah. Dalam waktu dekat ada rapat tim rumah murah, salah satunya untuk membahas akad kredit dengan pendaftar rumah murah,” kata Aidit.
Dijelaskan, untuk tahap pertama sekitar 100 unit rumah murah, akan langsung di akad kreditkan antara Bank Sumsel dan pendaftar. Dipastikannya penerima sekitar 100 unit rumah murah tahap pertama, diarahkan kepada pegawai Pemprov.
“Minimal 50-100 unit rumah murah bisa diumumkan siapa penerimanya, untuk tahap pertama ini akan diarahkan ke pegawai provinsi terlebih dahulu. November ini diperkirakan dapat langsung dilakukan akad kredit antara yang bersangkutan dan Bank Sumsel” jelasnya.
Namun, setelah lolos seleksi verifikasi dari pihak pemprov, pegawai provinsi yang akan mendapatkan kredit sekitar 100 unit rumah murah tersebut, juga harus melewati seleksi kelayakan dari Bank Sumsel.
“Bank Sumsel juga akan melakukan seleksi kelayakan kredit, untuk menentukan siapa yang mampu mengkredit, seperti data terakhir gaji pegawai akan diperiksa, kalau gajinya Rp500 ribu mungkin tidak akan lolos dan ditunda, karena setidaknya kredit rumah murah per bulannya sekitar Rp350 ribu, Rp150 ribu tidak akan cukup untuk pegawai itu hidup satu bulan,” jelas dia.
Seleksi kelayakan ini sambung Aidit, agar ke depannya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terjadi kredit macet. “Untuk 100 unit rumah selanjutnya, akan diumumkan secara bertahap, dan atas kebijakan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, atlit berprestasi dan veteran yang belum mempunyai rumah juga akan dicadangkan rumah murah,” terang dia.
Sementara itu, Kepala Dinas PU CK Sumsel Ir H Rizal Abdullah Dipl SE MT, tidak mau berkomentar dan tidak dapat dikonfirmasi, saat diwawancari melalui pesan singkat, juga tidak dibalas. agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s