Posted: 29/10/2009 in Home / Beranda

Kanwil Depag Sumsel Jalankan Reformasi Birokrasi
InformasiPagi, Sumsel

Sekjend Departemen Agama (Depag) pada 2010, akan melakukan reformasi birokrasi di seluruh jajaran depag se Indonesia, untuk mewujudkan Depag yang bersih dan lebih baik. Tidak harus menunggu lama, Kanwil Depag Sumsel, mulai melaksanakan reformasi birokrasi, dengan melantik empat pejabat eselon.
Demikian dikatakan oleh Kakanwil Depag Sumsel, Drs H Najib Haitami MM, usai acara pelantikan pejabat eselon di Aula Kanwil Depag Sumsel Kamis (29/10). Menurutnya, pada 2010 akan dikonsep reformasi birokrasi di Departemen Agama, yang pelaksanaannya pada 2011, untuk itu Kanwil Depag Sumsel telah melakukan persiapan-persiapan.
“Karena ada sinyal tersebut, maka saya mulai mencari calon pejabat yang berkualitas, karena bagaimanapun juga, harapan kita, pejabat yang berkualitas itu memiliki knowledge, skill, attitude,” kata Najib.
Selain SDM, penjaringan CPNS juga mulai diperketat, yang melalui tes umum dengan penyeleksian dilakukan oleh Depag di Jakarta. “Di sini, kita hanya pelaksanaan tes-nya, semua koreksi di Jakarta melalui scanner, saya jamin tidak ada kecurangan dan tidak ada titipan, karena mereka akan dijadikan pemimpin masa depan yang bersih,” jelasnya.
Dijelaskan Najib, secara teknis akan ada konsep khusus dari Depag Pusat, dipastikan arah reformasi birokrasi itu salah satunya mencari pemimpin dan pejabat yang berkualitas. “Saat ini SDM kita selangkah demi selangkah sudah mengarah ke sana, oleh karena itu saya sebagai Kakanwil menyeleksi SDM yang betul-betul berkualitas,” tegasnya.
Mengenai pergantian pejabat kemarin, Najib menilai itu hal biasa, sebagai penyegaran dan untuk meluaskan wawasan bagi setiap yang diganti jabatannya. “Tidak ada lengser jabtan, tapi mutasi dari satu tempat ke tempat yang lain, misalnya dari Kandepag OI ke bidang di Kanwil, kan secara struktural jabatannya naik, karena menangani 14 kabupaten/kota, jika ada yang masih potensial dan berkualitas diarahkan ke fungsional,” terang dia.
Sementara itu, menanggapi reformasi birokrasi ini, Kandepag Kota Palembang, H Rosyidin Hasan mengatakan, Depag memiliki motto ikhlas beramal, yang tentunya diiringi dengan SDM yang professional. “Dengan reformasi birokrasi ini, Depag berkomitmen menjadi departemen yang bersih, dan motto ikhlas beramal tidak hanya motto tapi jadi prilaku, inilah saatnya Depag tidak hanya jadi imam dalam shalat tapi imam dalam birokrasi,” pungkasnya.
Acara pelantikan sendiri dilakukan langsung oleh Kakanwil Depag Sumsel, dihadiri Kakandepag se Sumsel beserta istri, jajaran Kanwil Depag Sumsel. Para pejabat yang dilantik terdiri dari Drs H Ali Ikhwan Noor MPdI yang jabatan lama Kasi Supervisi Mapenda Kanwil Depag menjadi Kakandepag Ogan Ilir.
Kedua Drs H Janaludin sebelumnya Kandepag OI, jabatan baru Kabid Pekapontren Kanwil Depag Sumsel, ketiga Drs H Hambali MSi sebelumnya Kabid Pekapontren Kanwil Depag, jabatan baru Kabid Urais Kanwil Depag, dan keempat Ratmi SPdI jabatan lama Penata/Pelaksana Subbag Keuangan dan IKN Kanwil Depag, jabatan baru penata Kasi Sarana Bidang Mapenda Kanwil Depag.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s