Posted: 29/10/2009 in Home / Beranda

Ratusan Pelamar Online Tak Kirim Berkas
InformasiPagi, Sumsel

Sekitar 4.200 lamaran online calon pegawai negeri sipil (CPNS), di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, ratusan pelamar online hanya mendaftar dan tidak mengirimkan berkas lamarannya. Dari sekitar 4.200 berkas lamaran tersebut hanya 1.450 berkas memenuhi persyaratan, untuk sementara ada sekitar 100 pelamar ditolak karena tidak memenuhi syarat administrasi.
Demikian diungkapkan oleh Kepala BKD Sumsel, Muzakir ditemui di Kantor Gubernur Sumsel Kamis (29/10). Pihaknya tidak menemui permasalahan berarti dalam penerimaan CPNS online, hanya saja dari 4.200 berkas lamaran online yang memenuhi syarat administrasi hanya 1450 berkas, dan yang ditolak sekitar 100 pelamar.
“Pelamar yang ditolak karena tidak memenuhi persyaratan administrasi, contohnya banyak ijazah yang tidak dilegalisir, juga ada yang formasi lamarannya tidak sesuai dengan jurusan diminta, ratusan pelamar juga banyak yang hanya mendaftar tapi tidak melengkapi berkas, mungkin juga mereka mendaftar ditempat lain,” jelas Muzakkir.
Dijelaskan Muzakkir, pihaknya belum menerima laporan tentang lamaran online dari kabupaten/kota, menurutnya, kabupaten/kota menerapkan system empat kali tes, ada yang menerapkannya dalam satu hari, bahkan ada kabupaten/kota yang tidak melakukan psikotes, tahun ini dilakukan psikotes. “Sekarang pelamar juga diwajibkan melampirkan keterangan bebas narkoba, bagi yang ditempat tesnya tidak ada tes kesehatan diminta surat dari dokter,” jelasnya.
Lebihlanjut ia mengutarakan, pada 2-3 November mendatang semua pelamar mendapat jawaban dari panitia mengenai jadwal pelaksanaan tes dan konfirmasi ulang. Pada 8 November akan dilakukan tes serentak se Sumsel, khusus Pemprov Sumsel dilakukan di Kampus Unsri Bukit Besar, dengan pengawas dari dosen Unsri.
“Kita terus mengimbau agar para pelamar tidak mudah percaya, kepada oknum-oknum yang menjanjikan dapat meluluskan tes, agar terhindar dari penipuan kalau ditemukan segera laporkan ke polisi, karena pihak BKD sendiri tidak pernah bersentuhan langsung dengan pelamar, semua dilakukan secara komputerisasi,” terang dia.
Terpisah, Kepala PPJK Unsri, Zainudin Nawawi mengakui, banyak pelamar online yang terkesan hanya mendaftar online, namun tidak menindaklanjutinya dengan menigirimkan berkas lamaran. “Dari ribuan pendaftar online, banyak juga yang tidak mengirim berkas, sehingga tidak memenuhi persyaratan,” terang dia singkat.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s