Posted: 29/10/2009 in Home / Beranda

Penjual Hewan Kurban Diingatkan Jangan Curang
InformasiPagi, Sumsel

Hari Raya Idul Adha 1430 Hijriah, atau Hari Raya Idul kurban sudah dekat, Dinas Peternakan (Disnak) Sumsel, mulai mewanti-wanti para peternak dan penjual hewan kurban, untuk tidak curang dengan menjual hewan yang sakit.
Kepala Dinas Peternakan Sumsel, Ir Asrillazi Rasyid Rabu (28/10), menjelaskan, menjelang hari raya kurban pada 27 November mendatang, pihaknya mengimbau dan mengingatkan para pelaku usaha ternak, dan juga penjual hewan kurban untuk menyediakan serta menjual hewan yang layak untuk dijual dan dikonsumsi.
“Bagi para pedagang hewan kurban, sebelum menjual kita harap memeriksakan kesehatan hewannya, jika dinyatakan sehat, maka dipisahkan dari yang sakit, dan tidak dijual pada Idul Adha nanti,” kata Asrillazi.
Dijelaskan Asril, menjelang Idul Adha nanti, pihaknya bersama tim terpadu, Disnak Provinsi, Disnak Palembang, dan lainnya, akan turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan diseluruh penjual ternak hewan di Palembang.
“Kita akan lakukan pemeriksaan dari aspek ante mortem yaitu pemeriksaan sebelum disembelih, yang meliputi pemeriksaan usia dari gigi domba/sapi,” kata Asril.
Pihaknya kata Asril juga akan memeriksa kondisi badan hewan, jika ditemukan hewan yan kurus berkemungkinan hewan tersebut tidak sehat, juga akan dilakukan pemeriksaan kecacatan tubuh misalnya telinga yang robek, atau testis yang tidak lengkap dan tidak simetris.
“Hewan tidak sehat indikasi yang dapat dilihat seperti bulunya tegak, terlihat lesu dan letih, kalau kita temukan hewan yang tidak layak konsumsi, tidak sehat dan tidak memenuhi syarat, maka harus disingkirkan dan tidak boleh dijual untuk kurban, harus obati,” terang dia.
Kepada masyarakat juga Asril mengimbau, agar tetap waspada dalam membeli hewan, meski hingga kini belum ditemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh peternak dan penjual hewan. “Seperti tahun kemarin, kita pernah temukan hewan yang sakit, tapi langsung diobati gratis, dan kalau sudah sehat akan diberikan surat keterangan sehat. Tapi tidak ditemukan kecurangan,” ungkapnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s