Posted: 28/10/2009 in Home / Beranda

Kanwil Dephumham Diminta Berantas Narkoba dan Pungli
InformasiPagi, Sumsel

Pada kepemimpinannya yang baru, Kepala Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM Sumsel, Drs Sutarmanto MM, diminta Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, untuk mengawasi peredaran narkoba lembaga permasyarakatan (LP), sementara Sutarman pun berjanji akan memperbaiki sistem, khususnya memberantas indikasi pungli di LP.
Dalam sambutannya pada acara sertijab Kakanwil Dephumham Sumsel dari Choiruddin Idrus kepada Drs Sutarmanto MM, di Griya Agung Selasa (27/10). Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, ada satu hal yang harus diperhatikan oleh semua pihak, termasuk Kakanwil Dephumham Sumsel, yaitu peredaran narkoba yang telah meracuni hingga anak sekolah dasar bahkan hingga ke pelosok desa.
“Indonesia ini sudah menjadi produsen narkoba, orang-orang dewasa banyak merusak generasi muda dengan narkoba, peredaran narkoba ini harus diawasi dan diperhatikan serius, termasuk di lapas yang peredarannya sangat mudah berkembang. Saya usulkan ke Menhumham, untuk kepemilikan narkoba dengan jumlah tertentu dihukum mati saja, agar tidak ada yang berani,” tegas Gubernur.
Mengenai peredaran narkoba dan juga pungli di lapas juga ditanggapi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Hubungan Luar Negeri Menhumkam, Marvel Mangunsong. Ia menegaskan, karena pemimpin daerah sangat konsen terhadap narkoba, ia meminta Kakanwil Dephumham Sumsel dapa tegas mengawasi peredaran narkoba di lapas.
“Saya minta kakanwilnya yang tegas, saya lihat konsen dari pemimpin daerahnya terhadap peredaran narkoba ini sangat keras, jika ada indikasi peredaran narkoba di lapas, harus ada kerjasama operasional dengan pihak kepolisian,” pintanya.
Menanggapi usulah hukum mati dari Gubernur, kata Marvel akan dilaporkan ke Menteri namun aturan tidak dapat dirubah begitu saja. “Ini ilustrasi dari gubernur, sebagai senjata menggertak, tapi sebenarnya kita sudah ada aturan pidananya ada hukuman tergantung perbuatan,” kata dia.
Begitu juga dengan indikasi pungli di Lapas, Marvel tetap tidak mentolerirnya, jika pihaknya menerima laporan maka tetap akan ditindaklanjuti. “Yang penting itu laporannya, masyarakat harus lapor ke inspektorat jenderal di pusat, selama ini yang banyak kasih surat kaleng. Tidak sedikit pegawai yang kita beri hukuman disiplin baik ringan sedang atau berat, antara lain diturunkan pangkat,” ungkapnya.
Sementara itu, Kakanwil Dephumham Sumsel yang baru, Drs Sutarmanto MM mengatakan, ia akan fokus melaksanakan fungsi pembuat undang-undang, pelayanan hukum, pembinaan hukum, penegakan hukum dan lainnya. “Saya akan memperbaiki dari sisi fisik seperti infrastruktur dan fasilitas, serta non fisik seperti sistem, yaitu mempercepat pemberian hak warga binaan, asimilasi, pembebasan bersayarat,” katanya.
Menanggapi pungli di lapas, ia akan memperhatikan lebih serius, dengan tidak segan untuk memberikan sanksi hukum bagi yang melanggar. “Pungli itu akan menjadi perhatian saya, kami sudah banyak melakukan tindakan, pokoknya kalau melanggar pola yang ditetapkan, sebanyak apapun pegawainya akan diberikan hukuman disiplin,” tegasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s