Posted: 26/10/2009 in Home / Beranda

Gubernur Lepas JCH Kloter II
InformasikPagi, Sumsel

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin melepas keberangkatan sebanyak 323 jemaah calon haji (JCH) Kloter II asal Palembang dan OKUS, dari asrama haji menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Senin (26/10) sekitar pukul 14.00. Dua JCH batal berangkat karena sakit dan meninggal. Jumlah JCH risti (resiko tinggi) kloter II ada 16 orang, empat wanita dan 12 pria.
Pelepasan JCH dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel, didampingi Asisten Kesra Pemprov Sumsel, Kabiro Kesra, unsur muspida dan jajaran PPIH Embarkasi Palembang. Disela acara dilakukan pemberian bantuan biaya transportasi dari Gubernur Sumsel kepada JCH dan ketua rombongan.
Dalam sambutannya, Ketua I Embarkasi Palembang, HM Yono Surya mengatakan, jemaah haji yang berangkat dari embarkasi Palembang berjumlah 7.286 jemaah, yang terdiri dari 6.349 JCH asal Sumsel dibagi 20 kloter, sementara untuk JCH asal Babel berjumlah 937 JCH dibagi 3 kloter. Dengan jumlah petugas kloter sebanyak 115 orang, asal Sumsel 100 orang, dari Babel 15 orang.
Dijelaskannya, jemaah mulai berangkat pada 24 Oktober lalu, dan akan pulang dari Jeddah pada tanggal 3 Desember 2009, sehingga akan tiba di Palembang pada 4 Desember 2009 pukul 10.00.
Lebih lanjut kata Yono, pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Palembang, menggunakan pesawat khusus Air Bus 330 seri 200 keluaran April 2009 dan baru dioperasikan. “Untuk penerbangan kita bekerjasama dengan maskapai PT Garuda Indonesia,” katanya.
Pada pelaksanaan haji tahun ini kata Yono, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin memberikan bantuan biaya transportasi dari pemondokan hingga ke Masjidil Haram, bagi jemaah haji asal Sumsel, dan juga memberikan bantuan uang transport lokal kepada 100 petugas kloter.
“Gubernur Sumsel sangat luar biasa memperhatikan kepentingan agama di Sumsel. Total bantuan biaya transportasi jemaah haji asal Sumsel dari Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin tersebut sebesar Rp6.349 Miliar, masing-masing JCH mendapatkan 333 Riyal yang dirupiahkan senilai Rp1 juta. Untuk 100 petugas kloter total berjumlah Rp100 juta, masing-masing petugas sebesar Rp1 juta atau 333 riyal,” ungkapnya.
Sementara pada sambutannya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyampaikan, ada dua hal yang harus diperhatikan oleh JCH Embarkasi Palembang, pertama untuk menjaga paspor agar jangan hilang dan tercecer, karena dapat disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
“Kemudian jagalah kesehatan, perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi selama di tanah suci, jaga pola makan, dan persiapkan mental, sabar serta jangan takabur,” pesan Alex.
Gubernur mengutarakan, Pemprov membantu biaya transportasi karena jarak tempuh dari pemondokan ke Masjidil Haram cukup jauh, sekitar 3-11 kilometer. “Bantuan ini untuk meringankan beban, dan jangan digunakan untuk yang tidak perlu,” kata Gubernur seraya mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji.
Usai acara, menanggapi pernyataan warga yang mempertanyakan pemberian bantuan JCH, karena dianggap orang yang mampu sehingga menunaikan haji, Gubernur mengatakan, jika orang naik haji itu mampu mereka akan naik yang plus. “Ini kan kebanyakan mereka yang datang dari desa, naik haji karena menjual sawah, atau menabung selama bertahun-tahun,” tutup Alex.
Sementara itu, Kabid Haji Kanwil Depag Sumsel, H Udin Djuhan mengatakan, kloter II memberangkatkan 323 orang, yang terdiri dari Kabupaten OKUS dan Palembang.
“Ada dua yang batal berangkat, satu JCH sakit dan masih diopname di rumah sakit bernama Rusma Akib Nur binti M Akib Nur (51), dan yang kedua ada JCH yang dari awal sudah meninggal dunia bernama Sulastri, jadi yang berangkat hari ini 323 orang, sama petugas,” katanya.
Kasubag Humas Embarkasi Palembang, Saefudin Latief SAg menambahkan, jumlah Risti kloter II ada 16 orang, empat wanita dan 12 pria, jamaah tertua berumur 79 tahun bernama Abdul Karim Abdullah bin Kgs H Abdullah dari Palembang, sementara yang termuda Fitriadi Darmawi Hamdan bin Darmawi yang berumur 20 tahun warga OI.
“Kloter I berangkat jam 14.00 dilepas oleh Gubernur, pada jam 15.00 JCH kloter III dari Palembang (Ahlusunnah, Al mizab, Mandiri) dan OKI masuk asrama haji, dengan jumlah 324 orang plus petugas,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s