Posted: 26/10/2009 in Home / Beranda

DPRD Sumsel Tidak Akan Lagi Panggil PLN
InformasiPagi, Sumsel

Meski listrik Sumsel terus dilanda byar-pet, DPRD Sumsel tidak akan lagi memanggil PT PLN, karena dinilai tidak akan mampu memecahkan permasalahan pemadaman.
Demikian dikatakan oleh Kepala DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo kepada para wartawan diruang rapat Gubernur Sumsel, Senin (26/10). Menyikapi seringnya mati listrik akhir-akhir ini, DPRD Sumsel tidak akan panggil PLN, dengan alasan tidak akan memecahkan persoalan, malah akan semakin membuat marah DPRD Sumsel.
“Percuma saja, jika dipanggil pun pasti persoalan tidak akan selesai, jawabannya pasti sama, kita panggil kita harapkan listrik tidak byarpet dan itu tidak bisa,” katanya.
Wasista mewacanakan, salah satu cara yang mungkin dapat memecahkan persoalan listrik yang terus mati ini, dengan membuat pembangkit listrik baru tanpa memerlukan bantuan PLN. “Tinggal lagi keberanian mengeyampingkan PLN, kita bangun sendiri saja,” ujarnya.
Namun sambungnya, hal itu juga bukanlah solusi yang baik, yang perlu dilakukan masyarakat dan semua lapisan sekarang adalah membantu pemerintah dalam melakukan percepatan pembangunan khususnya di TAA.
“Kita harus mempercepat jalur-jalur untuk mengeluarkan sumber daya alam Sumsel, agar provinsi kita cepat kaya, dan dapat menyelesaikan semua persoalan termasuk listrik,” harapnya.
Sementara itu, menanggapi Hari Listrik Nasional yang dirayakan oleh PT PLN hari ini, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, Sumsel sendiri baru akan merayakan hari listrik jika tidak ada lagi pemadaman.
“Kalau ada hari listrik nasional silahkan saja, Sumsel mungkin nanti merayakannya, menunggu listrik mencukupi dan tidak padam lagi, baru kita rayakan hari listrik Sumsel,” katanya.
Dengan seringnya listrik padam, sempat membuat Alex secara pribadi gerah. “Saat di Muba, saya pernah terfikir untuk membuat sendiri pembangkit listrik, dan itu bisa saja, tapi ini akan menjadi preseden yang jelek,” kata Gubernur.
Namun, Gubernur Sumsel, tetap meminta masyarakat tetap sabar, PLN sedang melakukan percepatan pembangunan PLTU 2×100 MW dan 135 MW di Lahat. “Jadi pada 2011 nanti, bisa masuk sekitar 335 MW, masyarakat harus bersabar, karena tidak ada guna memarahi PLN , karena akan tetap begitu saja,” kata Alex.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s