Posted: 23/10/2009 in Home / Beranda

320 JCH Kloter I Masuk Asrama Haji

InformasiPagi, Sumsel

Jemaah calon haji (JCH) kloter I Embarkasi Palembang, mulai masuk asrama haji kemarin Jumat sore (23/10). 320 JCH Kloter I tersebut 107 JCH asal Palembang (JCH Mandiri dan KBIH Ka’bah), dan 222 JCH asal Lubuk Linggau plus lima petugas menjadi 325 orang.
Sekitar pukul 15.00 satu persatu bus membawa rombongan JCH asal Palembang, dilanjutkan bus-bus JCH asal Lubuk Linggau, hingga sekitar pukul 16.00 semua sudah masuk ke dalam asrama haji.
Tampak mayoritas JCH dari kalangan lansia, yang termuda adalah JCH asal Lubuk Linggau bernama Sania (20), dan JCH tertua bernama Nasima (91). Terlihat juga Kakanwil Depag Sumsel, Drs H Najib Haitami memantau langsung kedatangan. JCH Kloter I akan berangkat hari ini Sabtu (24/10), sekitar pukul 16.30.
Di aula asrama haji, para JCH langsung diberikan penerangan dan juga diingatkan mengenai peraturan-peraturan yang harus diikuti. Setelah diberikan penjelasan, JCH antri mengambil perlengkapan haji berupa gelang haji, kupon kamar dan kupon makan serta uang living cost, kemudian diperiksa suhu badan.
Pada acara penjelasan, dari pihak Garuda Indonesia, Budi Santoso SE mengatakan, pihaknya telah menyediakan 325 tempat duduk, ia mengingatkan, agar JCH tidak membawa barang-barang yang dilarang, seperti kompor gas, korek api gas, cuka dan lainnya, Budi juga menjelaskan mengenai penggunaan toilet di dalam pesawat.
Selanjutnya, dari pihak Imigrasi, Khairudin Idris SH MH menjelaskan, paspor yang dimiliki oleh JCH berlaku lima tahun dan merupakan paspor internasional, sehingga diminta untuk dijaga dengan baik, jikalau hilang diharap melaporkan segera kepada ketua regu atau ketua rombongan.
“Jika hilang paspor itu bisa digunakan oleh orang lain, jika hilang harus lapor agar bisa diblokir secepatnya, jangan didiamkan saja, karena ketika datang atau pulang dari Saudi Arabia paspor akan dicap,” jelasnya.
Sedangkan tim kesehatan Haji, H Ahmad Fikri SKM Mkes mengatakan, setelah masuk asrama haji, JCH tidak diperbolehkan berinteraksi dengan orang di luar asrama, karena JCH telah dikarantina. Fikri juga menjelaskan, ada dua hal yang juga harus ditaati, yaitu JCH wajib divaksinasi meningitis, dan vaksin influenza umum, sementara untuk vaksin H1N1 tahun ini belum dilakukan.
“Dokumen-dokumen yang diberikan, seperti buku keterangan kesehatan jangan diletakkan disembarang tempat, tapi dimasukkan di tas leher yang diberikan, agar jika terjadi sesuatu dapat dilihat riwayat kesehatannya,” kata Fikri.
“Pada tahun ini, tidak ada pemeriksaan sidik jari, tapi ada pemeriksaan baru, yaitu suhu badan, jika ditemukan jemaah yang suhu badannya di atas 38 derajat celsius, maka akan ditunda keberangkatannya, dan akan dimasukkan ke ruang observasi, untuk dirawat,” kata dia.
Pemeriksaan suhu badan akan dilakukan dua kali, pertama saat masuk asrama haji, juga saat akan masuk pesawat. Fikri mengingatkan, jika JCH sakit dan merasa badan panas mendadak di atas pesawat, diminta untuk melaporkan untuk diantisipasi, karena jika di Saudi ditemukan suhu badan 38 derajat cc, satu pesawat akan dikarantina selama 15 hari.
Diterangkannya juga, jemaah tidak boleh makan makanan selain diberikan panitia, dan panitia telah menyediakan catering dengan menu 3 kali makan, dua kali snack. “Bagi JCH yang tidak sehat juga akan diberikan rompi resiko tinggi (Risti), bagi yang dapat jangan minder, bagi yang tidak dapat jangan ngotot untuk minta,” katanya.
Sementara itu, Pengelola Asrama Haji, Suroso menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 160 kamar dari empat gedung yang dipakai secara bergantian, setiap kloter menggunakan 80 kamar, yang setiap kamar akan dihuni empat JCH dengan masing-masing tempat tidur.
“Untuk antisipasi padam listrik, kita sudah sediakan dua unit jenset berkapasitas 30 KVA, tapi kita sudah berkoordinasi dengan PLN agar tidak melakukan pemadaman paling tidak selama musim haji ini,” katanya.
Salah satu JCH asal Linggau Agus (52) menyambut baik pemeriksaan suhu badan JCH, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Pemeriksaan suhu badan ini bagus, suhu badan saya tidak ada masalah,” katanya singkat.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s