Posted: 23/10/2009 in Home / Beranda

Sumsel Bentuk Tim Penanggulangan Kebakaran Standar Internasional

InformasiPagi, Sumsel

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menginginkan, Sumsel memiliki tim penanggulangan kebakaran standar internasional, seperti di Jepang, tim akan diseleksi ketat, dilatih dan diberikan perlengkapan khusus.
Demikian dikatakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Lintas Masyarakat (Kesbangpol linmas) Sumsel, Rusli Nawi ditemui di ruang kerjanya Jumat (23/10). Kesbangpol Linmas Sumsel, akan membentuk pasukan khusus penanggulangan kebakaran, yang terdiri dari dua pleton, total personel sebanyak 60 orang.
“Para personel akan diseleksi khusus mulai dari pengetahuan dan fisik misalnya tinggi badan, mereka akan dilatih oleh pelatih khusus dari luar negeri, dan akan dididik menjadi pasukan reaksi cepat untuk kebakaran di Sumsel,” kata Rusli.
Pasukan ini juga akan dibekali seragam perlengkapan yang khusus, dengan perincian setiap orang akan mengenakan seragam dan perlengkapan senilai Rp15 juta/personel. Pasukan ini akan satu koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, yang juga segera dibentuk.
“Pendanaan BPBD dan pasukan ini akan melibatkan pihak ketiga, yang sudah kita dapatkan, dan diharapkan dapat efektif bekerja pada 2010 nanti,” ujarnya.
Dijelaskan Rusli, dengan dibentuknya BPBD dan pasukan khusus penanggulangan kebakaran ini, karena setiap tahun Sumsel menghadapi persoalan kebakaran hutan dan lahan, juga untuk menangani bencana lainnya yang akan terjadi. “Sumsel salah satu Provinsi yang setiap tahun mengalami kebakaran lahan, khususnya lahan gambut di OI dan Banyuasin, bahkan disebutkan salah satu pengekspor asap,” terang dia.
BPBD dan pasukan khusus ini lanjut Rusli, akan bersekretariat di kantor Sriwijaya Crisis Center yang ada di kawasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. “Jika BPBD ini sudah terbentuk, SCC tidak akan diaktifkan lagi, dan digabungkan dalam BPBD,” jelansya.
Menurut Rusli, dibentuknya BPBD karena akan satu koordinasi badan nasional penanggulangan bencana di pusat, BPBD ini juga akan dibentuk di seluruh kabupaten/kota di Sumsel.
“Mereka yang tergabung dalam BPBD, dari beberapa instansi terkait, seperti Dinas Sosial, Dinas Kehutanan, Dinas PU, Kesbangpol Linmas, Badan Metelorologi Klimatologi Geofisika, Tim SAR dan lainnya,” kata dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s