Posted: 23/10/2009 in Home / Beranda

Pagaralam dan OKU Induk Diajukan Dapat Raskin Award
InformasiPagi, Sumsel

Pada 2008 Kota Palembang dan Kabupaten Muba mewakili Sumsel untuk mendapatkan Raskin (beras miskin) Award yang diberikan oleh Menkokesra di Jakarta, pada 2009 Pemprov Sumsel, tengah mengevaluasi dua kabupaten/kota yaitu Kota Pagaralam dan Kabupaten OKU Induk untuk mendapatkan Raskin Award.
Demikian dikatakan oleh Kepala Biro Perekonomian Sumsel, Muhar Lakoni di ruang kerjanya Kamis (22/10). Menurutnya tim dari Menkokesra menilai program Raskin di setiap Provinsi di Indonesia, untuk mendapatkan Raskin Award.
“Raskin award ini diberikan untuk memotivasi daerah agar dapat mengoptimalkan program dari pusat, salah satunya program Raskin yaitu program dalam sektor pangan untuk mensejahterakan rakyat,” kata Muhar.
Dijelaskannya, pada 2008 Kabupaten Muba dan Kota Palembang mewakili Sumsel mendapatkan Raskin Award, bahkan Sumsel mendapatkan peringkat kelima raskin award skala nasional.
“Ada kriteria yang harus dipenuhi dalam Raskin Award ini antara lain, kabupaten/kota tersebut mencadangkan dana talangan Raskin, meningkatkan presentase penyaluran, juga kelancaran distribusi sampai ke penerima dan lainnya,” jelasnya.
Pada 2009, pihaknya kata Muhar juga telah melakukan evaluasi dan akan mengusulkan satu kabupaten dan satu kota untuk Raskin Award. Untuk sementara penilaian tersebut jatuh pada Kabupaten OKU Induk dan Kota Pagaralam.
“Untuk sementara ini, itu yang kita unggulkan, dua kabupaten/kota ini kita nilai baik dan masuk kriteria, tapi nanti masih kita akan nilai lagi,” terang dia.
Lebih lanjut sambung Muhar, pengusulan dua kabupaten/kota akan dilakukan secepatnya, namun direncanakan diusulkan pada 9 November 2009, setelah diajukan nanti tim dan Menkokesra akan turun ke Sumsel, untuk menilai secara langsung kelayakan dua kabupaten/kota tersebut.
“Kita akan usulkan secepatnya, dan tim Menkokesra dari pusat akan segera turun, mungkin akhir November mereka sudah datang untuk menilai, jika memang layak, maka kita akan diberikan penghargaan dan diundang pada Bulan Desember 2009 nanti ke Jakarta,” tutupnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s