Delapan Sumber Dana Untuk Bangun Masjid Sriwijaya

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

- Alex : Mari Bangun Masjid Sriwijaya
InformasiPagi, Sumsel

Pemenang sayembara desain Masjid Sriwijaya resmi diumumkan dan diserahkan hadiah, kemarin di Griya Agung Palembang, Senin (31/1). Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengajak masyarakat Sumatera Selatan dari lapisan bawah hingga atas untuk bersatu mendukung pembangunan Masjid Sriwijaya. Sumbangan dana diharapkan datang dari 8 sumber, dengan perhitungan terkumpul Rp900 M sampai Rp1 T lebih.
Gubernur Sumsel yang juga ketua panitia pembangunan Masjid Sriwijaya, pada sambutannya usai menyerahkan hadiah kepada pemenang sayembara desain Masjid Sriwijaya mengatakan, sangat terkagum dengan desain Masjid Sriwijaya bertema Air, salah satunya dengan adanya menara Road to Allah. “Ini luar biasa, mimpi kita bisa membangun masjid seperti ini, tapi itu bisa saja,” kata Alex.
Ia menargetkan pembangunan Masjid Sriwijaya tidak lama seperti pembangunan masjid-masjid besar di Indonesia, ia berharap pembangunan masjid dapat rampung 3-4 tahun ke depan. Hanya saja ia berpesan kepada masyarakat Sumsel di dalam dan luar Sumsel, dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah atas khususnya pemerintah kabupaten/kota, agar bersatu mewujudkan Masjid Sriwijaya ini. “Satu syarat saja saya minta, yaitu dukungan penuh semua lapisan masyarakat, kompak dan bersatulah karena tidak ada yang tidak mungkin untuk diwujudkan, mari bersatu,” pinta Gubernur.
Karena menurutnya, Masjid Sriwijaya akan menjadi masjid milik masyarakat Sumsel, sehingga dukungan penuh untuk pembangunannya sangat diperlukan. “Besar pahala yang akan kita dapatkan jika ini terwujud,” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya, Zamzami Ahmad menyampaikan, ide pembangunan Masjid Sriwijaya tidak lain untuk menempatkan kembali Bumi Sriwijaya sebagai pusat pembangunan peradaban Islam seperti yang pernah diperankan pada abad ke VII. Pembangunan masjid ini juga disambut baik para tokoh, sesepuh sumsel baik di Sumsel atau diperantauan, bahkan Gubernur Alex telah menyumbang berupa wakaf sebesar Rp1 M, dan juga para tokoh Sumsel lainnya. “Total tanah yang dimiliki yayasan wakaf Masjid Sriwijaya sampai sekarang mencapai 28.25 hektar dengan lokasi pembangunan di Jakabaring,” jelasnya.
Masjid ini diupayakan menjadi masjid yang modern, memerhatikan aspek lingkungan, dukungan teknologi handal, perpaduan arsitektur islam dan budaya sumsel, sehingga menjadi masjid kebanggaan masyarakat Sumsel. “Rencana anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan Masjid Sriwijaya sekitar Rp795 M,” ungkapnya.
Sejauh ini dukungan penuh berupa pendanaan dari para tokoh, pengusaha di Sumsel sudah berdatangan, mulai dari pengusaha hotel, rumah makan, pemilik lapangan golf di Batam, pengusaha otomotif, notaris, pejabat pemerintah Sumsel dan pusat dan lainnya.
Sedangkan, dalam presentasinya, Ketua Panitia Nasional Penggerak Pembangunan Masjid Sriwijaya Palembang, H Mawardi Djakpar mengatakan, ada delapan sumber dana untuk pembangunan Masjid Sriwijaya, seperti sumber I dari masyarakat umum, sumber II semua instansi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, sumber III dari BUMN/BUMD yang beroperasi di Sumsel dan di seluruh Indonesia, sumber IV dari pengusaha di Sumsel dan berasal dari Sumsel di luar Sumsel, pengusaha nasional asal Sumsel, sumber V negara sahabat khususnya Timur Tengah, sumber VI dari warga Sumsel yang tersebar di seluruh Sumsel, sumber VII majlis taklim dan organisasi sosial lain di Sumsel, sumber VIII yaitu menggunakan media dengan menggalang dana melalui televisi, koran atau event-event.
“Kita ingin menciptakan rasa kepemilikan oleh warga Sumsel, kita akan gaet meski mereka di Ambon, Irian, Medan dan lainnya, agar mereka dapat berpartisipasi,” jelasnya.
Ia menjabarkan, perhitungan awal pihaknya sumber dana dari sumber I yaitu masyarakat umum sekitar Rp61 M, dengan asumsi jika 20 persen dari 7 juta jiwa masyarakat Sumsel selama 44 bulan menyumbang Rp1000/bulan. Dari sumber dana II dianjurkan dana dari APBD selama tiga tahun untuk kabupaten/kota Rp1,5 M, untuk Pemprov Sumsel Rp3 M, sumber III sekitar Rp30 M, sumber dana IV sekitar Rp55 M, sumber dana V sekitar 348 M, sumber dana VI dan VII Rp10 M dan VIII Rp5 M, total dana diharapkan terkumpul Rp921 M hingga Rp1.042.520.000.000 M.
Adapun pemenang sayembara desain Masjid Sriwijaya tersebut, juara pertama dengan kode peserta AIR dengan konsultan KIND, yang mendapatkan hadiah Rp60 juta, juara kedua dengan kode peserta SMB mendapatkan hadiah Rp50 juta, juara ketiga dengan kode peserta MAK mendapat hadiah Rp40 juga. Untuk juara harapan I dengan kode peserta FAD, juara harapan II dengan kode peserta N2), juara harapan III dengan kode peserta 2062, dengan hadiah masing-masing Rp5 juta dan untuk juara desain favorit pilihan masyarakat juga diraih kode peserta AIR dengan hadiah Rp5 juta.Agustian Pratama

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s