Jangan Tertipu Dengan Calo CPNS

Posted: 18/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Masyarakat Sumsel khususnya para pencari kerja dan pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), diminta tidak tertipu dengan iming-iming menjadi CPNS oleh para calo, bahkan jika ditemukan agar dilaporkan ke pihak kepolisian.
Hal ini ditegaskan Plt Sekretaris Daerah (sekda) Provinsi Sumsel, H Yusri Effendi Ibrahim SH MM diwawancara disela acara open house di Griya Agung, kemarin Rabu (17/11). Menurutnya, penerimaan CPNS khususnya di lingkungan Pemprov Sumsel haruslah berjalan transparan, jujur dan sesuai aturan. Selama dua tahun terakhir pelaksanaan penerimaan CPNS di Pemprov Sumsel berjalan sesuai mekanisme yang berlaku tanpa kecurangan.
“Jangan menggunakan jasa para calo, karena calo tidak memiliki kemampuan untuk menjadikan orang CPNS, bahkan bisa saja mereka itu hanya berspekulasi, kalau yang mendaftar lulus maka uangnya diambil, tapi jika tidak lulus CPNS uangnya dikembalikan oleh calot tersebut,” kata Sekda.
Yusri juga mengimbau kepada masyarakat, jika menemukan calo CPNS Sumsel, agar segera melaporkan calo tersebut ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti. “Sejak awal Pemprov Sumsel dan Gubernur H Alex Noerdin menegaskan, agar penerimaan CPNS di Sumsel bersih dan transparan. Kalaupun ada oknum PNS ataupun pejabat yang menjadi calo dan melanggar hukum segera laporkan untuk ditindak tegas, namun agar tidak ada fitnah saat melaporkan harus disertai bukti dan saksi,” pinta dia.
Pemprov Sumsel kata Sekda, telah meniminalisir agar tidak terjadinya percaloan pada penerimaan CPNS, salah satunya dengan menggunakan pendaftaran sistem online dan melalui pos. Selain itu Pemprov Sumsel terus melakukan evaluasi setiap selesai penerimaan CPNS, dan juga bekerjasama dengan pihak ketiga seperti Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Universitas Sriwijaya dalam penerimaan CPNS.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Drs H Muzakir menegaskan, seperti tahun sebelumnya pihaknya akan mengawasi penerimaan CPNS pada tahun ini, agar tidak terjadi adanya KKN atau kecurangan pada saat penerimaan CPNS. Bahkan, jika ditemukan ada orang yang menawarkan jasa yang mengiming-imingkan diterima PNS, dimintanya segera melaporkan ke polisi.
”Hal seperti itu jangan diindahkan, dan jika ditemukan harus ada bukti, karena kalau tidak ada kita sendiri yang bisa dituntut, karena berdasarkan PP Nomor 8 tahun 1981, setiap warga negara dapat melaporkan ke pihak berwajib jika menemukan tindakan pidana, tapi jangan sampai saat ingin menegakkan hukum ternyata kita yang melanggar hukum,” kata dia.agustian pratama

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s