Pembangunan Infrastruktur Sumsel, Pesat

Posted: 13/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , , , ,

InformasiPagi, SUmsel

Tepat 7 November 2010, pasangan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin
dan Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf telah memimpin Provinsi Sumsel selama dua tahun. Mewujudkan Provinsi Sumsel menjadi provinsi terdepan dan termaju dibanding provinsi lain di Indonesia semakin terbuka lebar dan sudah di depan mata, hal ini dibuktikan dengan banyaknya investasi yang masuk ke Sumsel, dan banyaknya pembangunan infrastruktur yang tengah dan akan dilaksanakan di Sumsel.
“Ada banyak kemajuan dan perubahan yang nyata, terjadi sejak pemerintahan pak Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan pak Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf sejak menjabat 2008 lalu,” ungkap Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel, Ir H Eddy Hermanto SH MM saat diwawancara di Kantor Gubernur, kemarin, Jumat (12/11).
Ia memaparkan, hal yang benar-benar real dan sedang dilaksanakan adalah pembangunan rel kereta api dari Lahat ke Tanjung Api-api (TAA), yang terwujud atas kerjasama PT Adani Global, PT Bukit Asam dan Pemprov Sumsel. “PT Adani Global sudah melakukan HoA (Head of Aggreement), selain membuat rel KA PT Adani juga akan membangun stock pile dan pelabuhan di TAA,” jelasnya.
Tidak hanya itu, investor asal India yaitu Nalco sudah berminat menanamkan investasinya di TAA, lalu investor dari Uni Soviet telah meminta lahan 20 hektar untuk membangun pabrik ban di TAA dengan nilai investasi mencapai Rp1,5 Triliun. Kemudian investor Cina yang akan membangun pabrik gasifikasi dari batubara ke gas di TAA, dan juga PT Pusri yang akan membangun pabrik baru di TAA.
“Saat ini kita juga sedang mengupayakan untuk menjadikan TAA sebagai KEK (kawasan ekonomi khusus), dan untuk membentuk KEK ini kita akan membahasnya lintas dinas, tentunya kita akan melibatkan Kabupaten Banyuasin sebagai pemilik wilayah,” katanya.
Eddy juga menjelaskan, untuk di Palembang sendiri, pembangunan infrastruktur yang sudah terlihat seperti renovasi gedung olahraga (GOR) di Jalan POM IX menjadi Palembang sport convention center (PSCC), berikut pembangunan hotel and town square.
Lalu, rencana pembangunan mall di Jakabaring oleh Lippo Group, rencana pembangunan mall bawah tanah di bawah Lapangan Parkir Bumi Sriwijaya. Kemudian rencana pembangunan sekolah taraf internasional oleh Lippo Group di Komplek Lumban Tirta Jalan POM IX. “Untuk pembangunan water theme park (wahana air) di Jakabaring sudah tinggal pelaksanaan, dan juga rencana pembangunan kebun binatang di OKI tahapnya sekarang sedang didesain,” jelas dia.
Terakhir ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur lain yang juga sudah jelas di lapangan adalah pembangunan venues SEA Games XXVI di Jakabaring, Wisma Atlet dan lainnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK), Rizal Abdullah Dipl.He MT menilai, selama kepemimpinan Gubernur Alex dan Wagub Eddy Yusuf dua tahun ke belakang, telah mulai menunjukkan pembangunan disegala bidang yang cukup signifikan. Tidak hanya infrastruktur atau fisik namun juga pembangunan non fisik. “Pak Gubernur dan pak Wagub memiliki konsep matang untuk membangun Provinsi Sumsel,” katanya.
Di bidang infrastruktur, banyak pembangunan-pembangunan fisik berstandar nasional bahkan internasional dilaksanakan, mulai dari renovasi GOR Jalan POM IX, pembangunan Convention Center, Hotel and Town Square. Lalu, rumah sakit berstandar internasional, fasilitas-fasilitas olahraga untuk kepentingan kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang, sekolah olahraga, rencana pembangunan Masjid tercantik, islamic center dan gedung UIN Raden Fatah dan berbagai pembangunan fisik lainnya.
Bahkan, pembangunan yang menyentuh kebutuhan masyarakat juga telah dilakukan, seperti rumah murah sektor formal tipe 36 di Jakabaring, dan sektor non formal tipe 21 di Keramasan. Tidak hanya itu, di Jakabaring juga dibangun power plant/pembangkit listrik juga water treatment/pengelola air bersih. Bahkan, tempat hiburan keluarga atau water theme park juga segera direalisasikan, yang kesemuanya untuk kepentingan masyarakat Sumsel.
“Tapi saya melihat, Gubernur dan Wagub tidak hanya fokus di pembangunan fisik saja, namun juga pembangunan non fisik, seperti program-program pengembangan SDM sejak dini yaitu sekolah gratis dari tingkat SD, SMP dan SMA, bahkan menyiapkan puluhan beasiswa s3 nasional/internasional dan lainnya,” katanya.
Sehingga kata Rizal, selain pendidikan gratis, Gubernur juga memberikan kesehatan gratis, bantuan hukum gratis dan lainnya. Selain SDM yang dipersiapkan, sarana prasarana penunjang SDM juga telah diperhatikan secara detail oleh pasangan Aldy ini, sehingga pencapaian tujuan dapat maksimal.
“Gubernur bahkan juga telah memikirkan lapangan kerja masyarakat Sumsel, dengan menarik banyak investor ke Sumsel untuk berinvestasi salah satunya di kawasan industri Tanjung Api-api (TAA), yang akan menyerap sekitar 100 ribu tenaga kerja dari berbagai strata pendidikan,” jelas dia.
Menurutnya, masa kepemimpinan dua tahun Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf sudah memperlihatkan keberpihakan terhadap pembangunan provinsi dan peningkatan taraf hidup masyarakat.agustian pratama

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s