Akad Kredit Rumah Murah 15-19 November

Posted: 13/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Akhirnya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel), mengumumkan nama-nama 283 pendaftar yang lolos tes tahap I dan tahap II untuk dilakukan akad kredit dengan Bank Sumsel Babel Syariah.
Pantauan di Kantor Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Sumsel di Kantor Gubernur Sumsel kemarin, Jumat (12/11), tampak beberapa pegawai negeri sipil (PNS) melihat pengumuman di dinding ruang Biro Kesra Provinsi Sumsel.
Salah satu PNS yang lulus tes, Hadin (43) pegawai Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Sumsel, mengatakan, pengumuman akad kredit ini telah lama ditunggunya, ia sendiri bernomor urut 164. ”Syukurlah sudah diumumkan, memang sudah ditunggu-tunggu,” katanya sumringah seraya kembali melihat daftar nama-nama temannya yang lulus.
Sementara itu, Kepala Biro Kesra Provinsi Sumsel, H Syahrir Zaman SE MSi mengatakan, Pemprov Sumsel telah menyelesaikan proses SK Hibah menyebutkan nama peserta yang lulus beserta blok rumahnya, dan juga keterangan layak huni, sebagai syarat dilakukannya akad kredit dengan Bank Sumsel Babel Syariah.
”Alhamdulillah, telah disepakati dari pihak notaris dan Bank Sumsel Babel Syariah, pada tanggal 15, 16,18 dan 19 November ini akan dilakukan akad kredit kepada 283 pendaftar, yang lulus tes tahap I dan tahap II untuk mendapatkan rumah murah sektor formal tipe 36 di Jakabaring. Ada pendaftar yang digugurkan satu kemarin karena berstatus suami isteri,” ungkapnya.
Syahrir meminta, agar para pendaftar yang lulus dan akan akad kredit, untuk mempersiapkan administrasi yang diperlukan antara lain biaya akad kredit sekitar Rp2,620.000, membawa buku tabungan serta materai Rp6000, saat melakukan akad kredit wajib bersama pasangan suami istri. ”Akad kredit rumah murah ini langsung dilakukan di Bank Sumsel Syariah Palembang, dengan jadwal yang telah ditentukan,” jelasnya.
Menurutnya, untuk proses akad kredit ini Pemprov Sumsel tidak lagi terlibat, karena secara teknis akad kredit dilakukan pihak Bank Sumsel Babel Syariah dan notaris. Pemprov Sumsel hanya memfasilitasi dan melengkapi persyaratan akad kredit yang diminta Bank Sumsel Babel Syariah dan notaris namun akan tetap memonitor di Bank Sumsel Babel Syariah. ”Jumlah rumah murah sektor formal yang layak huni sudah terbangun 400 unit, dan setelah 283 PNS ini melakukan akad kredit, selanjutnya kita siapkan untuk penyeleksian 117 PNS lainnya,” kata dia.
Terpisah, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Syariah Palembang, Histinalawati menjelaskan, jika sudah dilakukan akad kredit antara Bank Sumsel Babel Syariah dengan konsumen, maka bagi konsumen yang memiliki tabungan di Bank Sumsel Babel konvensional atau syariah, maka pembayaran kredit akan dipotong melalui tabungan tersebut, namun jika memiliki tabungan di luar Bank Sumsel Babel, maka harus menyetor langsung ke Bank Sumsel Babel Syariah.
”Harga jual fisik rumah tipe 36 di Jabakaring tersebut senilai Rp32,5 juta, harga tersebut di luar biaya listrik, PDAM dan Pensertifikatan. Konsumen harus menambah Rp2.620 juta untuk pengurusan tiga fasilitas tersebut,” jelas dia.agustian pratama

Jadwal Akad Kredit Rumah Murah
Nomor Peserta Jadwal Akad Kredit
1-70 15 November 2010
71-140 16 November 2010
141-210 18 November 2010
211-283 19 November 2010

Lokasi Akad Kredit: Bank Sumsel Babel Syahriah Palembang
Sumber: Biro Kesejahteraan rakyat Pemprov Sumsel

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s