TIPS ; mengurangi, meredakan sesak nafas/asma yang kambuh

Posted: 06/11/2010 in Informasi dan Tips Menarik
Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Bagi anda yang terkena asma atau sesak nafas, ada baiknya anda mengetahui cara sederhana untuk meringankan penyakit anda .

berbagai cara bisa dilakukan untuk meredakan dan meringankan sesak nafas anda, baik yang hanya ingin sebagai pertolongan pertama atau anda yang berusaha untuk tidak ketergantungan obat, berikut tips dari pengalaman yg saya dapatkan ;

pertama ; anda cukup menyediakan minyak angin cap kapak.
dipilih cap kapak, karena memiliki aroma yang sejuk dan panasnya yang pas. [bukan promosi loh]
> caranya, teteskan minyak tersebut di bagian dada anda dan usapkan oleh tangan anda/orang lain secara merata ke seluruh dada, lalu lakukan hal yang sama pada leher anda depan dan belakang, dan terakhir pada bagian punggung/pundak, setelah panas bereaksi secara otomatis anda akan merasakan sensasi nafas yang lapang,bahkan lama kelamaan dahak anda akan keluar diiringi batuk-batuk kecil.

kedua ; pijatan atau hentakan
berikan pijatan atau hentakan berkekuatan sedang, dibagian punggung dengan telapak tangan anda yang posisinya seperti ingin mematahkan kayu, lakukan secara kontinyu dari bawah tengkuk leher mengarah ke bagian pinggang, jika dilakukan dengan benar, hal ini akan sedikit meringankan sesak anda [bukan menyembuhkan total ya].

ketiga ; main video game
percaya atau tidak, hanya dengan terfokus dan serius memainkan bermain video game seperti nintendo, playstation seperti main balap,duel atau lainnya, dapat mengalihkan otak kita yang semula memerintahkan untuk sakit akhirnya memerintahkan untuk melupakan sakit karena kita terfokus dan serius mengatur strategi untuk memenangkan permainan.
Dengan bermain video game, nafas kita juga akan teratur, bahkan sampai berkeringat.

keempat ; lakukan semua !
tidak ada salahnya anda melakukan beberapa tips di atas, dan tidak salahnya jika anda mencoba semuanya secara bersamaan

kelima ; kalaupun mau mengonsumsi obat, obat yang cepat meredakan sesak nafas [petunjuk dokter] ventolin hisap atau semprot dosis 500 mg, sehebat apapun sesak anda jika sudah mengonsumsi ini hitungan detik reda. Jika disertai batuk dapat juga minum obat batuk alerin ekspektoran, atau dekadryl dan incadryl.

keenam ; semoga cepat sembuh ya … dan perlu diperhatikan, lingkungan yang bersih, sejuk, tenang dapat berpengaruh besar untuk mengurangi derita sesak nafas anda, apalagi anda rajin melakukan aktifitas renang, dan yoga di pagi hari Insya Allah dapat mengurangi derita sesak nafas anda.

kalau menurut anda informasi saya ini bermanfaat, tidak salahnya anda memberikan komentar, jika malas berkomentar klik saja tombol >> like / suka << di bawah ini … kalau pun anda ingin mengutip tidak salahnya menyertakan sumbernya… terimakasih atas kunjungan anda di blog saya, tetaplah berkunjung.agustian pratama¬†

About these ads
Comments
  1. iqbalrois says:

    makasih banyak infonya.

  2. deny says:

    ok..boleh dicoba resepnya. Tapi aku nanya lain ya…membuat kolom untuk Name, Email, Website dan kolom komentar gimana sih..sorry soalnya agak gaptek hehehe. Mohon di jawab ya…. Buatnya di wordpress juga. Balasnya di komen kamu aja thank..aku tunggu ntar aku mampir lagi

    • Trims udah komen, sebenarnya aku lupa cara munculin kolom komentar … tapi coba dulu langkah ini, kalo gak salah …

      buka dashboard wordpressmu … cari di kolom kiri ada tulisan POSTS lalu klik, dan klik di kanan atas ada tulisan screen options, lalu centang comments …

      kalo salah, coba kamu manfaatkan pak GOOGLE

  3. sayekti says:

    makasih tipsx pasti q coba buat suamiqqqq

  4. Chika says:

    Sangat membantu, thankyou ^^!

  5. Sayekti dan Chika : trims sudah berkunjung, trims sudah berkomentar, senang bisa membantu Anda …

  6. thanks atas informasinya……..
    mudahan sukses aku mencobanya ……..

  7. bunda nazwa says:

    makasih infonya saya langsung coba tips yg pertama,spertinya enakan ni nafasnya

  8. indri says:

    Terima kasih atas informasinya.

    oiya, saya waktu itu sesak nafas dan diberi ventolin hisap oleh dokter tapi kok ga mempan yah, apakah yang semprotnya beda or gmn yah ??

    setiap bilang ke dokter n minta obat semprot pasti ga pernah dikasih, jadi kalo mau beli sendiri di apotek bingung merk nya apa dan dosisnya yg mana.

    waktu itu pernah nyoba dengan PD nya lgsg beli ajah ke apotek, pas ditanya biasanya pake apa, saya bilang baru mau pake, mereka ga berani kasih takut salah dosis.

    • >Terima kasih atas informasinya.
      – sama-sama

      > saya waktu itu sesak nafas dan diberi ventolin hisap oleh dokter tapi kok ga mempan yah, apakah yang semprotnya beda or gmn yah ??
      – di atas alat ventolin hisap itu masih ada alat lagi yang semprot, kalau tidak salah berbeda,karena yang semprot levelnya lebih tinggi, mungkin sesak nafas anda tidak mempan dengan alat hisap

      >setiap bilang ke dokter n minta obat semprot pasti ga pernah dikasih, jadi kalo mau beli sendiri di apotek bingung merk nya apa dan dosisnya yg mana.
      -sebaiknya memang turut perintah dokter saja, karena dokter lebih tau, coba pake obat alternatif cina kalau anda non muslim karena kalau muslim obat ramuan cina kan dicampur hewani dikhawatirkan ada dari hewan yang gak boleh dikonsumsi muslim.

      >waktu itu pernah nyoba dengan PD nya lgsg beli ajah ke apotek, pas ditanya biasanya pake apa, saya bilang baru mau pake, mereka ga berani kasih takut salah dosis.
      – ya memang gak berani orang apotek sembarang kasih, nanti kalau ada apa-apa takutnya apotek tersebut dilaporkan karena sembarang kasih obat. lebih baik pindah ke dokter spesialis lain, atau ke dokter lain.

      Terima kasih mbak indri, sudah berkomentar, salam kenal, senang bisa membantu, trims jg udah mampir

  9. nuelicious says:

    Thanks tips nya =)

  10. ghania says:

    maksih infonya.. insya allah akan saya gunakan. seoga berhasil!!

  11. rhada says:

    terimakasih tipsnya :)

  12. romi says:

    ok thaks seperti nya sy butuh info yg ini,,satu lg pertanyaan sy : vintolin 500mg apakah bisa di pakai anak umur 14 tahun,,apakah tdk terlalu keras,,sebaik nya berapa yg lebih cocok,,tlg informasi nya.terima kasih..

    • setahu saya dosis 500 mg untuk orang dewasa mas, tapi lebih baik konsultasi ke dokter atau ke apotik biasanya mereka mau kasih tahu … terima kasih sudah mampir mas …

  13. hartanto says:

    terimakasih tipsnya, sangat bermanfaat..

  14. jafar says:

    bener tuh tips no dua langsung dicoba sesaknya sdikit berkurang
    thanks atas infonya

  15. arini says:

    oke entar gue coba tips nya :)

  16. Yumi says:

    Makasih banget yah info nya. Sangat membantu sekali,terima kasih

  17. selamat pagi….saya baru mengalami sesak nafas tapi pas berobat ko di kasih asam mefenamat ya?

  18. iwan abdulrohman says:

    thanks ea info nya..

  19. Wiena says:

    , terimaksiH , semOga manjur ;-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s