Pameran Pelukis Cilik Pertama di Sumsel

Posted: 21/04/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Tavern Network sebagai event organizer bekerjasama berbagai pihak, hari ini Rabu (21/4) membuka pagelaran menggelar pameran lukisan dari pelukis cilik pertama di Sumsel di Hotel Jayakarta Daira pada pukul 17.00, pameran dimulai 21-28 April 2010. Pameran lukisan tersebut, merupakan pameran lukisan tunggal pelukis cilik pertama di Sumsel.
Pengurus Tavern Network, Nurhayat Arif Permana mengatakan, setelah sukses menggelar pameran lukisan beberapa waktu lalu, pihaknya optimis menyukseskan pameran lukisan dari pelukis cilik asal Palembang bernama Eliza, siswa VI Sekolah Dasar di Xaverius I Palembang. “Ini akan menjadi pameran lukisan tunggal pelukis cilik pertama di Sumsel,” kata Arif kepada para wartawan kemarin Selasa (19/4) di Palembang.
Latar belakang digelarnya pameran lukisan pelukis cilik ini kata Arif, untuk mentradisikan pameran seni rupa di Palembang, dan juga memotivasi anak-anak kecil untuk mencintai seni, bahkan pihaknya berencana akan menggelar dua pameran lukisan lagi pada tahun ini.
“Pameran-pameran lukisan ini harus digedor sejak sekarang, seni rupa di Sumsel sedang dilirik seniman nasional, maka kita menargetkan setiap tahun ada pameran lukisan di Sumsel, karena selama ini pameran terkesan selalu diadakan di Jawa, Makassar dan kota lainnya,” kata dia.
Arif mengungkapkan, belum lagi pameran digelar, lima lukisan Eliza sudah dibeli kolektor, pasalnya lukisan-lukisan Eliza yang akan dipamerkan, hanya dibandrol Rp2-Rp3,5 juta saja namun dengan nilai seni tinggi. “Saya pribadi menilai, lukisan Eliza jenisnya impresif, dalam melukis ia juga memanfaatkan berbagai media seperti tangan, kuas, kayu, tube dan lain-lain, saya harap masyarakat merespon baik pameran ini,” ujarnya.
Menurut dia, bakat Eliza sangat berpotensi dikembangkan, pasalnya ia sudah belajar melukis sejak umur satu tahun, untuk pameran ini, kurang dari dua bulan Eliza mampu menyelesaikan 45 lukisan, yang rata-rata per hari mampu menyelesaikan dua lukisan.
Sementara itu, Ketua Panitia Pameran, Syahrul menjelaskan, pameran lukisan bertema Eliza World : A Reflection of a Child as an Artist, atau Dunia Eliza : Sebuah refleksi seorang anak sebagai seniman. Pameran akan dibuka langsung oleh Ketua PAUD Palembang, Masitoh, di Hotel Jayakarta Daira pada pukul 17.00 hari ini, pameran akan berlangsung mulai 21-28 April 2010, dengan berbagai rangkaian acara seperti diskusi, pelatihan dan lainnya.
“Kita akan mengundang anak-anak sekolah di Palembang, dalam kegiatan ini kita didukung 10 sponsor yang mayoritas dari perbankan dan lainnya. Kita harap 45 lukisan Eliza ini dapat terjual habis, dan nanti ada lima lukisan yang akan dilelang,” jelasnya.
Sedangkan, Kurator (pengamat karya lukis) Nasional asal Palembang, Andrie at-Tawang menjelaskan, lukisan Eliza jenisnya realistis biasa mudah ditangkap, dan jenis lukisan yang biasa dilukis anak-anak. “Kita harap Eliza dapat menjadi pelukis cilik wakil Sumsel di tingkat nasional,” kata Andrie.
Salah satu jurnalis Viusal Arts (majalan seni nasional), Martha Astra Winata menilai, lukisan Eliza memiliki nilai seni tinggi, mampu bersaing di tingkat nasioinal, untuk itu perlu didukung untuk dikembangkan lagi. “Gerak catnya seperti timbul, menggunakan guratan tangan, tube dan lainnya, seperti karya pelukis Affandi,” katanya.agustian pratama

About these ads
Comments
  1. agnes says:

    salam wong kito…
    penasaran ni sama lukisan eliza, jadi pingin liat. sayangnya ada dipalembang.
    aku jga suka lukisan, bangganya bisa jadi pelukis cilik.
    sukses trus buat eliza…

    • agnes terima kasih atas comment-nya, kami menilai memang lukisannya bagus dan tidak menyangka jika lukisannya itu dilukis oleh anak kecil, tapi sayang kami belum dapat menampilkan fotonya, mungkin agnes bisa mencarinya di google.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s