Seni Budaya Sumsel Menuju Hak Paten

Posted: 19/04/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemprov Sumsel tampaknya sangat serius untuk mematenkan seni budaya Sumsel, Pemprov Sumsel melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumsel, tengah melakukan penelitian seni budaya khas masing-masing daerah di Sumsel, untuk dibuatkan peta wisata selanjutnya di patenkan.
Kepala Balitbangda Sumsel, DR Ekowati Ratnaningsih SKM, Mkes kepada BeritaPagi Sabtu (17/4) mengatakan, pihaknya tengah melakukan penelitian bersama Dewan Keseniaan Sumatera Selatan (DKSS) dan pihak pemerhati wisata lainnya, untuk mengetahui data seni budaya apa yang dimiliki kabupaten/kota di Sumsel. “Kita belum punya peta seni budaya, kita tidak memiliki data ketika ada orang yang menanyakan seni budaya apa yang khas di daerah A di Sumsel, untuk itu kita akan buat peta budaya,” kata Ekowati.
Setelah dilakukan pemetaan seni budaya Sumsel, dan diketahui potensi unggulan seni budaya di masing-masing daerah, pihaknya akan segera mengamankan potensi seni budaya di Sumsel dengan mengurus hak paten ke pusat.
“Semua seni budaya unggulan ini, akan kita amankan dan kita akan daftarkan ke Dirjen HKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk dipatenkan, agar nanti tidak seperti daerah lain yang seni kebudayaannya diklaim oleh Negara lain, kita akan lakukan upaya preventif untuk itu,” katanya.
Penelitian itu, selain untuk mempatenkan seni budaya, pada akhirnya juga dibuatkan peta wisata, untuk mengetahui desa mana yang dapat dikemas menjadi desa wisata, apa yang dapat dijual dari desa wisata tersebut.
Sebenarnya, niat baik Pemprov Sumsel ini siap dibantu Komisi X DPR RI (membidangi Pendidikan, Pemuda, Olahraga, Kesenian dan Pariwisata-red), beberapa waktu lalu Ketua Komisi X DPR RI, H Mahyudin NS SPog telah melempar bola dengan mengatakan, jika ada keseriusan dari Pemerintah Provinsi untuk mengusulkan hak paten seni budaya kepada DPR RI khususnya kerajinan Sumsel agar tidak direbut Negara-negara lain, pihaknya dapat memperjuangkannya di pusat.
“Jika memang sudah diusulkan dari daerah, kita dari Komisi X akan berusaha mendesak Kementrian Budaya dan Pariwisata RI, untuk menerbitkan hak paten terhadap kerajinan asli Sumsel seperti Songket, atau Jumputan dan lainnya,” tegasnya.
Karena, mantan Gubernur Sumsel ini kini juga tengah memperjuangkan dua item pariwisata di Sumsel, pertama membangun wisata musi yaitu dengan melakukan penataan Sungai Musi, dan memperjuangkan perubahan undang-undang cagar budaya, dengan memasukkan Kota Pagaralam sebagai benda cagar budaya megalit. agustian pratama

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s