Agrikultur Sumsel Diupayakan Tembus Pasar Eropa

Posted: 13/02/2010 in Home / Beranda
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin berobsesi besar komoditi agrikultur Sumsel dapat menembus pasar Eropa, upaya tersebut setelah mendapatkan tawaran dari Duta Besar RI untuk Belgia dan pihak Uni Eropa.
Di dalam rapat di Ruang Bina Praja Sumsel Jumat (12/2), tentang paparan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dihadapan duta besar RI untuk Belgia HE Najib R Kesoema dan Uni Eropa serta Small Medium Enterprise (SME) Uni Eropa. Gubernur memaparkan berbagai potensi sumber daya alam Sumsel, serta langkah-langkah memajukan Sumsel ke depan melalui pembangunan-pembangunan infrastruktur tanpa menggunakan APBD seperti proyek Tanjung Api-api (TAA).
Disela rapat, Duta Besar RI untuk Belgia HE Najib R Kesoema mengatakan, banyak yang dapat dikerjasamakan pihak Eropa khususnya Belgia dengan Sumsel, mulai dari agrikultur, perikanan, taman nasional, bidang energi bio fuel dan lainnya. Ia mengaku tertarik memajukan Sumsel, setelah mendengar potensi Sumsel dari Gubernur Sumsel beberapa waktu lalu, termasuk mewujudkan Tanjung Api-api. “Kami telah menghubungi beberapa teman di Eropa untuk mendukung proyek TAA,” ungkapnya.
Menurut Najib, di Belgia memiliki pelabuhan khusus untuk komoditi pertanian seperti buah pisang dan lainnya, sehingga fasilitas ini dapat dimanfaatkan Sumsel agar komoditi agrikultur Sumsel dapat menembus pasar Belgia. “Contoh saja buah Nanas, kalau bisa Sumsel ekspor buah Nanas, Duku atau lainnya ke Belgia, baik itu berupa buahnya atau yang sudah dijadikan jus seperti jus Nanas, komoditi Sumsel itu akan menyebar di Eropa,” motivasinya.
Karena menurut Najib, buah-buahan yang beredar di Indonesia dan juga Belgia banyak dari Negara Thailand, lalu kenapa komoditi Sumsel tidak bisa bersaing di Negeri sendiri atau Negara luar. Selain agrikultur, Dubes juga menyarankan kerjasama di bidang perikanan yang sangat potensial dipasarkan di Eropa.
Mendengar saran Dubes RI untuk Belgia tersebut, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin pun langsung menyambutnya dengan sumringah, Gubernur langsung mengintruksikan para kepala dinas terkait agrikultur seperti Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk menindak lanjuti, dengan berkoordinasi dengan Dubes RI untuk Belgia mengenai persyaratan ekspor yang diperlukan.
“Sekarang, obsesi kita harus menembus pasar Eropa untuk produk agrikultur, jika dapat menembus pasar Eropa itu luar biasa meskipun berat, tapi mudah-mudahan akan lancar dengan bantuan pak Dubes,” katanya.
Mengenai investasi TAA, menurut Gubernur sejauh ini telah ada beberapa investor luar negeri seperti India, China dan Timur Tengah berminat menanamkan investasinya, namun akan diberlakukan beauty contest, yang terbaiklah yang dipilih.
Masih disela rapat, perwakilan pihak Uni Eropa, Jim mengatakan, ia tertarik dengan Sumsel, dan merespon baik niat Gubernur Sumsel memajukan Sumsel, dan ia berjanji akan mengajak investor Eropa menanamkan investasi di Sumsel.agustian pratama

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s